Bahu Bandha Pikir Jadi PR MI Muhammadiyah se-Kulon Progo

Kulon Progo (MI Al Falaah) – Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah se-Kulon Progo melaksanakan kajian mental building dalam rangka pembinaan untuk memacu budaya literasi kepala madrasah. Literasi kini penting untuk menghadapi dunia masa kini. Literasi budaya, pengetahuan dan informatika teknologi. Pengawas Madrasah, Abdul Hamid Tarwaca menyampaikan hal itu dalam kajian mental building MI Muhammadiyah se-Kulon Progo yang berlangsung di MIM Nogosari, Kamis (22/10/2020) pagi.

“Menjadi kepala madrasah swasta itu amanah yang sudah dipercayakan oleh yayasan. Kepala yang ditunjuk dipandang mampu untuk mempertanggungjawabkan apa yang diupayakan. Dan kepala madrasah yang bertanggung jawab akan malu jika yang diamanahkan tidak dikelola dengan baik,” ungkapnya.

“Sudahkah jihad kita dengan seluruh yang dipunya? Jiwa, raga, dan harta. Jihad merupakan pilihan hidup. Bau, bandha, pikir istilah yang harus dipakai sebagai kepala madrasah,” imbuhnya.

“Kepala madrasah harus berfikir untuk memajukan madrasah yang sudah menjadi tugas tanggung jawabnya. Tanggung jawab yang diemban dikelola sesuai dengan aturan pemerintah. Disamping tidak makan gaji buta kita juga memaksimalkan pelayanan pendidikan di madrasah,” tambahnya lagi.

Sementara Pengawas MI dan RA, Drs. Sudarisman  menyampaikan dalam kajiannya bagaimana kepala madrasah mengelola sumber daya yang ada untuk memiliki keunggulan khas yang akan menjadi daya tarik masyarakat mempercayakan anaknya di madrasah. “Kepala madrasah membuka jaringan dan kreatif dalam memperjuangkan dan membesarkan madrasah. Memunculkan ide kreatif agar madrasah tidak hanya dikenal tapi sudah terpatri di hati masyarakat,” tuturnya.

Kepala MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru, Yeni Muharomah sangat antusias menerima kajian. “Waw ternyata masih banyak sekali tugas yang harus diemban oleh kepala. Mental juga perlu ditata untuk menjadi madrasah yang hebat dan bermartabat,” ujarnya.

Sedangkan Kepala MIM Kenteng, Rujito mengatakan bahwa kajian  mental building kepala madrasah Muhammadiyah se-Kulon Progo ini dicanangkan untuk penguatan mental dan pikir dalam pengembangan kemampuan sesuai PMA 58 TAHUN 2017. (ymr/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.