Giat Sabtu Tim Tamandaku MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN2KP) – Tak seperti siswa yang lainnya. Ada hal istimewa yang dilakukan 17 siswa MAN 2 Kulon Progo, Sabtu (17/10/2020). Mereka tergabung dalam Tim Tamandaku (Tim Adiwiyata MAN 2 Kulon Progo) yang terbentuk sejak 5 tahun lalu. Setiap Sabtu pagi, di saat yang lain masih asyik bersantai di rumah, mereka merelakan waktunya untuk mengabdikan diri melakukan tugasnya sebagai tim peduli lingkungan.

Era pandemi bukan halangan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Sabtu ini mereka membersihkan lingkungan madrasah dan menanam tanaman obat maupun tanaman hias. Bukan ekspresi beban yang terpancar dari wajah mereka, namun keceriaan dan riuh canda menjadi pengiring aktivitas mereka. “Saya sangat senang dapat mencoba hal baru dengan menjadi Ketua Tim. Saya juga berterima kasih kepada teman-teman yang selalu semangat dalam berkegiatan meski di era pandemi. Semoga dengan kegiatan ini membuat kita semakin peduli kepada lingkungan dan orang lain,” ungkap Ketua Tim Tamandaku, Farid Aditama dari kelas XI IPS 2.

Farid berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi seluruh warga madrasah dan sekitarnya. “Semoga keikhlasan dan ketulusan teman-teman menjadi amal jariyah untuk kita semua,” tambahnya.

Sementara itu Koordinator Adiwiyata MAN 2 Kulon Progo, Drs. Amir Ma’ruf, M.A. menyatakan rasa terima kasih dan kepuasannya terhadap seluruh Tim Tamandaku. “Untuk tim tahun ini benar-benar luar biasa semangatnya. Saya juga menjadi terbawa ikut bersemangat mengawal mereka melakukan giat Sabtu. Ke depan anak-anak akan tumbuh sehat dan mandiri dalam suasana lingkungan yang kondusif,” papar Amir yang juga merelakan Sabtunya untuk madrasah.

Ia menambahkan, kendala yang dialami semasa pandemi pastilah ada, seperti kurangnya jadwal pertemuan dan tidak memungkinkan untuk mengerahkan seluruh siswa yang tergabung dalam Tim Tamandaku.

Senada dengan Amir, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Khoiriyatun, S.Pd.,M.Sc. juga menyampaikan apresiasinya kepada anak-anak Adiwiyata yang telah selalu ikhlas merelakan hari liburnya di tiap Sabtu untuk terus berkegiatan. “Beberapa Sabtu, Tim Tamandaku fokus di kampus 2 dan hari ini mereka mulai menyentuh kampus 1. Kegiatan mereka sangatlah mulia. Selain menjalankan tugas, mereka juga telah belajar bagaimana menjaga alam dan memperkuat karakter,” ujarnya. (ast/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.