Guru MIMAKO Ikuti Bimtek Pembelajaran Berdasar Kurikulum

Kulon Progo ( MIMAKO) – Munculnya pandemi Covid-19 menyebabkan semua kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran pada khususya menjadi berubah. Model pembelajaran harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Kompetensi inti dalam kurikulum yang ada tidak semua bisa dicapai secara maksiamal karena kondisi yang tidak memungkinkan. Adanya Bimtek implementasi Pembelajaran Berdasarkan KMA 183 dan 184 diharapkan memberikan pencerahan bagi guru dalam menyampaikan materi yang sesuai dengan kondisi saat ini. Hal itu diungkapkan Kepala MI Ma’arif Kokap, H. Asrorudin, S.Pd.I pada saat mengikuti Bimtek tersebut secara virtual, Sabtu (10/10/2020).

“Bimtek ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan guru dalam meningkatkan strategi pembelajaran yang lebih bermutu tetapi tidak memberatkan siswa,” ujarnya.

Bimtek Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum (KMA 183 dan 184), dan Implementasi E Learning Jenjang MI (Pembelajaran Qur’an Hadis MI Zona Banten, Jawa, DIY dan Bali diselenggarakan Jum’at dan Sabtu (9-10/10/2020). Semua guru di MI Ma’arif Kokap mengikuti bimtek ini dengan harapan guru mampu memberikan materi pokok kepada siswa walaupun dalam keadaan darurat. “Guru dituntut bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan untuk mengikuti pelajaran karena guru merupakan figur panutan bagi siswa, bahkan siswa sering lebih patuh pada guru daripada dengan orangtuanya dalam hal belajar,” tambahnya.

Salah satu guru, Sumariyem mengatakan bahwa bimtek tersebut sangat penting, sehingga harus diikuti oleh semua guru.  “Bimtek ini sangat bermanfaat karena bisa memberikan tambahan pengetahuan terkait metode pembelajaran yang harus digunakan untuk menyampaikan kompetensi inti dengan model yang lebih menarik, sehingga siswa merasa senang ketika menerima tugas dari guru khususnya mata pelajaran Qur’an Hadits. Harapannya siswa dapat menerima dan memahami kandungan materi Qur’an Hadits yang akhirnya mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya. (bnt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.