Guru MIMAPAN Ikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Santri Nasional

Kulon Progo (MIMAPAN) – Dalam suasana peringatan Hari Santri Nasional, Kamis  (22/10/2020) yang diikuti seluruh warga Kementerian Agama, Pondok Pesantren, dan Santri seluruh Indonesia melalui Zoom dan live streaming youtube. Tak ketinggalan, seluruh dewan guru MI Ma’arif Plampang, juga mengikuti kegiatan upacara Hari Santri tahun ini, baik melalui zoom maupun live streaming youtube.

Dalam peringatan Hari Santri tahun ini secara khusus mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” dengan penuh harapan bahwa isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia, saat ini, tengah dilanda pandemi Global Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam sambutan upacara Hari Santri ini Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan bahwa tanggal 22 Oktober telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi Hari Santri melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. “Kita patut bersyukur bahwa kalangan Santri memiliki hari yang teramat istimewa, di mana tanggal 22 Oktober telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi Hari Santri melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari santri,” tegas Fachrul Razi.

Selain itu Menag juga mengatakan bahwa tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi tentang fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa Heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.

Pesannya, sebagaimana tema Hari Santri tahun ini adalah agar kita semua sadar sepenuhnya, bahwa pesantren adalah entinitas yang rentan dengan persebaran Covid-19. Keseharian dan pola komunikasi para santri yang terbiasa tidak berjarak antara satu dengan yang lainnya adalah model komunikasi yang Islami, unik dan khas, namun sekaligus juga rentan terhadap penularan virus.

Modal utama adalah tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian kiai dan pimpinan pesantren. Karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibanding yang lain.

“Kita semua berikhtiar agar pandemi segera berlalu. Keluarga besar pesantren, santri, masyarakat Indonesia, dan warga dunia bisa melewati pandemi dengan baik,” pesan Menteri.

Dalam mengikuti live streaming youtube hari santri, guru MI Ma’arif Plampang, Indah Nurul Hidayati, S.Pd.I, M.Pd, mengatakan bahwa tema peringatan nya sangat sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini. Dengan jelas bahwa tugas kita semua sebagai warga yang baik adalah selalu menepati aturan pemerintah yang ada, yaitu Pakai Masker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan dengan Sabun. (slm/inh/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.