Hazna, Siswa MIN 2 Kulon Progo Harapan Kedua Berkisah Tingkat DIY

Kulon Progo (MIN2KP) – Siswa MIN 2 Kulon Progo ikut andil dalam lomba berkisah tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan), yang diwakili oleh Hazna Qurorrota’ainun Alfirossa Tanjung siswa kelas empat, dengan judul Satria Dari Gua Selarong.

Etik mengatakan bahwa dalam rangka hari museum Indonesia, Duta Museum Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Museum Perjuangan Yogyakarta mengadakan lomba berkisah. MIN 2 Kulon Progo mengikuti kegiatan tersebut dengan cara online dengan pengambilan video di daerah Selarong, Pajangan, Bantul. Berhubung kondisi masih dalam keadaan pandemi, maka tidak memungkinkan untuk mengadakan lomba secara tatap muka. “Alhamdulillah perwakilan dari MIN 2 Kulon Progo mendapapatkan peringkat harapan kedua,” ungkap Kamad, Etik Fadhilah Ihsanti, Kamis (22/10/2020).

Kepala Museum Vredeburg dan Museum Perjuangan, Suharjo mengatakan bahwa lomba ini bertujuan untuk mewujudkan kepedulian terhadap Museum. “Dengan cara berkisah dan bercerita tentang perjuangan para pahlawan Indonesia, anak-anak akan lebih mengenal dan mampu meniru semangat juang mereka. Museum sebagai media paling tepat bagi pembelajaran ruang publik, yang bisa dilihat setiap waktu untuk belajar. Hal itu karena di museum sudah tertulis dengan jelas sejarah para pahlawan tersebut,” paparnya.

Menurut Ketua Dewan Juri, Rr. Ayu Dewi Widowati, mengatakan bahwa lomba ini sengaja tidak menyantumkan nama sekolah. “Lomba ini sengaja tidak menyantumkan nama sekolah supaya dalam penilaian benar-benar bersifat obyektif. Peserta dari wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta ada 75 anak yang sudah mengirimkan video, dan semuanya bagus-bagus, tetapi dewan juri harus memilih lima untuk di ambil kejuaraannya,” ujarnya.

Adapun dewan jurinya adalah Rr. Ayu Dewi Widowati, Junendra Rokhmad, dan Vingky Kurnia. Sedangkan pemenangnya yakni Juara 1 Nourmalita Zahra, juara 2 Aliyya zahra Artanti, juara 3 Runa Chaira Nur Pramana, juara harapan 1 Haura Aulia Shabrina, dan juara harapan 2 Hazna Qurorrota’ainun Alfirossa Tanjung.

Dalam acara penyerahan hadiah lomba berkisah juga di hadiri wakil Walikota Yogyakarta Heroe Purwadi. Dia memberikan apresiasi terhadap lomba berkisah ini. “Lomba ini merupakan kegiatan yang sejalan dengan program pemerintah untuk melestarikan Museum sebagai tempat untuk mengetahui ciri khas suatu wilayah. Dari Museum kita dapat melihat sebagian kehidupan masyarakat, khususnya di Yogyakarta,” tutur Heroe. (dan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.