Jelang AKG, Pengawas Madrasah Supervisi dan Sosialisasi di MTsN 5 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN5KP) – MTsN 5 Kulon Progo kedatangan tamu spesial pada Kamis (8/10/2020). Pengawas Madrasah, Barokatussolihah, S.Ag. M.S.I. berkunjung ke MTsN 5 Kulon Progo dalam rangka melakukan supervisi administrasi guru selama masa darurat Covid-19. Sebenarnya supervisi sudah dijadwalkan sejak awal Agustus lalu, namun karena MTsN 5 Kulon Progo kedatangan Inspektorat Jenderal dari pusat yang melaksanakan Audit, maka supervisi pun ditunda, dan akhirnya bisa terlaksana di awal Oktober ini.

“Selama masa pandemi ini, peserta didik melaksanakan BDR yakni Belajar Di Rumah. Ini menimbulkan berbagai kendala yang tak hanya dirasakan oleh guru, melainkan juga dirasakan oleh peserta didik maupun orangtuanya,” ungkapnya.

“Salah satu kendala yang dihadapi guru saat ini yaitu sulitnya menyampaikan materi secara efektif yang mudah dipahami oleh peserta didik. Penyebabnya karena saat ini mengajar belum bisa dilakukan dengan tatap muka langsung, melainkan hanya bisa melalui daring. Inilah yang menuntut guru zaman now harus lebih kreatif dalam menggunakan metode yang paling tepat selama pembelajaran daring,” imbuh Ika.

Aspek inilah yang ditekankan oleh Barokatussolihah dalam supervisi. Ia mengaitkannya dengan kegiatan AKG (Assesmen Kompetensi Guru) yang sedang hangat dibahas saat ini dan akan segera dilaksanakan di awal November nanti. Barokatussolihah membuat istilah lain untuk AKG yaitu ‘Aku Kudu Gelem’.

“Menurut saya AKG itu berarti Aku Kudu Gelem, artinya semua guru harus mau dan berusaha untuk belajar hal baru, mau merubah cara mengajar menjadi lebih kreatif, mau menyesuaikan diri dengan keadaan dan kondisi saat ini,” tandas Barokatussolihah.

AKG akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, Senin-Jum’at (2-6/11/2020) mendatang. Sedangkan uji coba akan dilaksanakan Senin-Jum’at (12-16/10/2020). Pelaksanaan AKG di Kabupaten Kulon Progo dibagi menjadi 2 tempat, yaitu di MAN 2 Kulon Progo dan MAN 3 Kulon Progo.

Kemudian Barokatussolihah menjelaskan tentang salah satu manfaat AKG sebagai ajang mengetahui kemampuan diri sendiri. “AKG ini nantinya sebagai gambaran untuk mengetahui kemampuan diri sendiri saat ini. Jika ada aspek yang masih kurang bisa segera diprioritaskan untuk ditingkatkan,” jelasnya.

“Kita sebagai pendidik dan tenaga kependidikan, bagaimanapun kondisi dan keadaan harus tetap bersemangat dalam bekerja memajukan madrasah. Kita pasti bisa. Madrasah pasti bisa,” pungkas Ika. (mic/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.