MAN 1 Kulon Progo Peringati Hari Santri Nasional

Kulon Progo (MAN1KP) – Bertempat di serambi masjid Al-Huda Mansaku, seluruh guru, pegawai, dan perwakilan siswa mengikuti kegiatan peringatan hari santri, Kamis (22/10/2020). Acara dibuka dengan tilawah yang dibacakan oleh Sholeh Nur Sidiq, siswa kelas XII Mansaku.

Dalam sambutannya  Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengajak seluruh civitas akademika Mansaku untuk semangat cinta tanah air dengan menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul dari madrasah. “Peringatan hari santri merupakan penghargaan dan pengakuan dari pemerintah sejak tahun 2015. Ini merupakan bagian dari tonggak mempertahankan kemerdekaan. Peran pesantren sangat luar biasa. Kita harus senantiasa belajar meneladani para pendiri bangsa serta perjuangan para ulama dan santri yang senantiasa gigih memperjuangkan kemerdekaan. Mari kita bangkitkan semangat cinta tanah air dengan menciptakan genenerai yang unggul dari madrasah,” tutur Edi.

Dalam kesempatan yang sama, Edi megajak seluruh peserta kegiatan untuk menggaungkan Santri Sehat Indonesia Kuat secara lantang.

H. Akh. Khudlori, S.Ag., M.Pd.I. melalui  pengajian hari santri mengajak para peserta mengingat masa lalu tentang peran ulama dan kaum santri dalam mewujudkan kemerdekaan. Acara dilanjutkan dengan khataman, tahlilan, dan doa yang dipimpin oleh H. Mustafid Enukhad, S.Ag., M.S.I. “Sebelum saya mulai, saya ingin mengajak bapak, ibu, dan anak-anakku untuk senantiasa introspeksi diri atas segala dosa yang telah kita perbuat. Kita berdo’a atas dosa kita dan dosa orang mukmin baik laki-laki atau perempuan karena dalam AlQuran, kita diajarkan untuk mendo’akan orang lain,” kata Mustafid.

Acara ditutup dengan pembagian hadiah lomba hari santri. Adapun jenis lomba yang diadakan yaitu: ceramah, murrotal, cover lagu Islami, dan video pendek. Lomba ceramah dengan tema Santri Sehat Indonesia Kuat dimenangkan oleh Luthfi Qurrotu Aini, kelas XII IPS 3. Sholeh Nur Sidiq, siswa kelas XII IIK mendapatkan juara pertama lomba murrotal. Juara lomba cover lagu Islami diperoleh Dino Wahyu Ramadhan kelas XII IPS 3, sedangkan lomba video pendek dimenangkan oleh Nanda Ryan Fathur Rohman dan kawan-kawan kelas XII IIK. (pra/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.