MAN 1 Kulon Progo Tasyakuran Renovasi Masjid Sebagai Wahana Pendidikan Karakter

Kulon Progo (MAN1KP) – Perluasan masjid Al-Huda Komplek MAN 1 Kulon Progo yang dimulai dari pertengahan Agustus lalu sudah selesai. Sebagai bentuk rasa syukur atas lancarnya perluasan atau renovasi masjid, madrasah mengadakan peresmian dengan tasyakuran bersama. Tasyakuran dilakukan di serambi masjid tersebut, Sabtu (10/10/2020) pagi.

Acara tersebut  dihadiri oleh seluruh guru dan pegawai. Turut hadir tamu undangan, Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H., Kasi Dikmad, Dra. Hj. Sulasmi, M.A., Pengawas Madrasah, Hj. Kalimah, S.Ag. M.A., dan Ketua Komite Madrasah, Drs. H. Pahid Mahmud Rais, M.A.

Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag, S.Pd., M.Pd. memimpin langsung tasyakuran renovasi serambi masjid Al-Huda. Dalam sambutannya Edi mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan serta guru-pegawai. “Renovasi masjid merupakan salah satu upaya agar semua siswa dapat melakukan sholat berjamaah Dhuhur dan Ashar. Di mana selama sebelum pandemi, sholat berjamaah di madrasah dilakukan 2 gelombang karena daya tampung yang terbatas. Semoga masjid menjadi salah satu tempat untuk melakukan pendidikan karakter pada siswa,” harap Edi.

Pendanaan untuk renovasi masjid madrasah diperoleh dari infaq guru-karyawan, siswa, dan para donatur. Sebelum melakukan tasyakuran renovasi serambi masjid segenap guru pegawai terlebih dahulu mengkhatamkan Al-Qur’an.

Pada kesempatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H. menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan keberadaan masjid untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik. Disampaikan pula tentang wawasan kebangsaan, moderasi beragama dan menghindari paham radikalisme, karena bangsa Indonesia dibentuk dari kesepakatan bersama seluruh komponen bangsa. (ham/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

4 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.