MAN 2 Kulon Progo Ikuti Pemilos Daring KPU

Kulon Progo (MAN2KP) – Pemilos atau Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS selalu dilakukan tiap tahun di setiap satuan pendidikan baik tingkat SLTP maupun SLTA. Tak terkecuali MAN 2 Kulon Progo.
Sistem Pemilos tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. KPU Kabupaten Kulon Progo menggandeng Mts/SMP dan MA/SMA/SMK untuk melaksanakan Pemilos serentak Dalam Jaringan (Daring) Kamis (1/10/2020).

Dengan tagline Pemilos dalam Miniatur Pemilu sebagai sarana para siswa belajar tentang Demokrasi dan Pemilu, kegiatan ini  didukung oleh Pemerintah Daerah, khususnya Kominfo yang menyediakan  aplikasi Pemilos dalam Layanan Informasi publik satu wajah JendelaKu. Sedikitnya 113 sekolah yang terdiri dari 28.887 siswa memilih kandidat-kandidat Ketua OSIS dan wakil di masing-masing sekolahnya melalui satu akun jendelaKu. Adapun 590 siswa yang ikut berpartisipasi di antaranya adalah siswa MAN 2 Kulon Progo.

Pada Pamilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS masa bakti 2020/2021, MAN 2 Kulon Progo menampilkan 3 pasangan kandidat yang diajukan yakni M. Rizki Oktavian dan Agata Mellany sebagai pasangan nomor 1, Sekar Ayu dan Emry Luthfan sebagai pasangan nomor 2, serta Rizky Ramadhan dan Salma Nur sebagai pasangan nomor 3. Kandidat ketua OSIS ini diajukan dari kelas XI.

Persiapan Pemilos dimulai sejak tanggal 24 September 2020 dengan pembentukan panitia penyelenggara Pemilos, pantarlih, KPPS dan PPP. Kegiatan selanjutnya adalah pendaftaran peserta pemilih, kampanye penyampaian visi misi dari peserta Pemilos, serta pembuatan aplikasi Pemilos.
Pemilos yang dilaksanakan serentak se-Kabupaten Kulon Progo, melalui laman JendelaKU dalam pelaksanaan, terdapat sedikit kendala. Beberapa siswa gagal login atau tidak bisa mengakses laman JendelaKU. Hal ini dimungkinkan karena server diakses oleh banyak pengguna (user) secara bersamaan. Solusi yang diberikan adalah dengan mengadakan Pemilos susulan Hari Senin (5/10/2020) mendatang. Ini untuk memfasilitasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang bermasalah dalam pemilihan sebelumnya.

“Tujuan dari Pemilos untuk melatih anak-anak belajar proses demokrasi sejak dini. Harapannya siswa mampu menyerap pengalamannya dalam berpolitik. Semoga Pemilos susulan berjalan lancar, server dapat diakses dengan mudah, sehingga semua DPT menggunakan hak pilihnya 100%,” ujar Farida Rahmawati,S.Pd.,M.Pd., Wakil Kepala Madrasah Bagian Kesiswaan MAN 2 Kulon Progo. (rid/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 replies
  1. Esti Winarni
    Esti Winarni says:

    Bagus,dengan kegiatan ini ada 2 yg didapat oleh siswa-siswi MANDAKU.Berlatih berdemokrasi utk PEMILU dan sekaligus memilih ketua dan wakil ketea OSIS.
    Sukses selalu MANDAKU.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.