MIN 2 Kulon Progo Laksanakan Skrining

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo melaksanakan skrining yang bertujuan untuk mengetahui sejak awal tentang permasalahan kesehatan siswa agar mendapatkan penanganan sejak dini. Skrining kesehatan dilaksanakan bagi kelas satu yang berjumlah 34 siswa. Kegiatan skrining tersebut dilaksanakan di madrasah setempat, Jum’at (9/10/2020).

Suprapta, S.Pd.Jas, mengatakan bahwa pelaksanaan skrining dilakukan di kelas, dan kali ini pelaksanaannya berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, yaitu dengan sistem shift, untuk menghindari kerumunan dan mencegah penularan Covid-19.

“Kegiatan skrining kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan suhu badan, kesehatan telinga, mata, kebersihan kuku, berat dan tinggi badan. Bagi siswa yang mengalami permasalahan kesehatan, gigi dirujuk ke puskesmas untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Rujukan juga untuk  mata kurang jelas, atau telinga kotor,” ujarnya.

Petugas dari Puskesmas Wates yang bertugas di MIN 2 Kulon Progo adalah dr.Ferry, Eman Sulaiman dan Hanura Ayu. Sebelum pelaksanaan dimulai diadakan penjelasan terlebih dahulu oleh salah satu petugas dari Puskesmas Wates, tentang manfaat diskrining dan cara memelihara kesehatan tubuh, misalnya rajin memotong kuku, dan mengurangi penggunaan handphone.

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti, S.Pd.I., M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan skrining tersebut berjalan lancar. “Skrining ini adalah salah satu bentuk kegiatan yang bekerja sama dengan Puskesmas Wates, dan Alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

“Melalui skrining ini diharapkan siswa MIN 2 Kulon Progo tidak ada yang mengalami gangguan kesehatan, sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik, dan ke depannya dapat memperoleh prestasi yang memuaskan,” pungkas Etik. (mus/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.