MTs Mahuda Ikuti Upacara HSN di PP Al Hidayah

Kulon Progo (MTs Mahuda) – Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober di seluruh wilayah Indonesia. Meskipun dalam suasana pandemi Covid-19, MTs Mafatihul Huda yang berada dalam lingkungan Pondok Pesantren Al-Hidayah tetap menyelenggarakan Upacara Hari Santri Nasional. Upacara Hari Santri Nasional ini diselenggarakan di Kompleks Pondok Pesantren Al Hidayah Karangwuluh pada Kamis (22/10/2020). Upacara ini diikuti oleh para santri PP Al Hidayah, siswa, guru, dan karyawan MTs Mafatihul Huda, Babinsa, serta Bhabinkamtibmas.

Pada upacara kali ini, K.H. Rofi’uddin Muhammad Luthfi Khakim, S.Ag., Pengasuh Pondok Pesantren menyampaikan amanat pembina di depan peserta upacara. Dalam amanatnya, K.H. Rofi’uddin menyampaikan peran santri terhadap NKRI. “Adanya hari santri merupakan wujud penghargaan mengenai peran santri sejak zaman perjuangan sebelum NKRI lahir, kemudian masa-masa menjelang NKRI lahir, kaum santri terus berperan. Mereka hadir pada PPKI dan BPUPKI, di situ kaum santri ikut terlibat membidani kelahiran NKRI kita ini. Dan kemudian setelah kemerdekaan, kaum santri juga terus berperan sesuai bidang dan kemampuannya masing-masing, bahkan tercatat pernah ada dari kalangan kaum santri yang menjadi presiden dan wakil presiden,” ujar Rofi’uddin.

Tahun ini tema yang diusung adalah Santri Sehat Indonesia Kuat. Hal ini bertepatan dengan kondisi Indonesia yang masih dilanda wabah Covid-19. Dengan tema ini, diharapkan dapat memberi motivasi kepada para santri agar tetap menjaga kesehatannya, baik sehat lahir, batin, badan, hati, maupun pikiran. “Tema hari santri tahun ini adalah Santri Sehat Indonesia Kuat. Sehat lahir, batin, badan, hati, serta pikiran. Landhepe graji merga kikir, landhepe ati merga dzikir, landhepe pikiran merga mikir,” lanjutnya.

Kegiatan Upacara Hari Santri yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Al Hidayah dilakukan sesuai protokol kesehatan serta tetap menjaga jarak antara setiap peserta upacara. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19 di lingkungan pondok pesantren. (lin/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.