MTsN 2 Kulon Progo Bagikan Paket Internet

Kulon Progo (MTsN2KP) – Banyak hal yang berubah saat pandemi Covid-19 melanda dunia, khususnya Indonesia. Salah satu perubahan yang sangat terasa bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah di bidang pendidikan. Dalam kondisi biasa sebelum Covid-19, pembelajaran dilakukan dengan sistem tatap muka, sementara sekarang ini harus dilaksanakan secara online yang dikenal dengan istilah Belajar Dari Rumah (BDR). Pembelajaran dengan sistem BDR ini menggunakan internet sebagai sarana utamanya. Sehingga untuk menunjang siswa dalam pembelajaran, MTsN 2 Kulon Progo memberikan bantuan kepada siswa berupa paket internet. Kepala Madrasah Muhamad Dwi Putranto menyampaikan hal itu saat menyerahkan bantuan kepada siswa pada Senin (05/10/2020).

“Setelah diadakan evaluasi terkait pembelajaran dengan sistem BDR, kita menemukan beberapa kendala yang dialami oleh anak. Salah satu kendala utamanya adalah kuota internet. Alhamdulillah dana BOS bisa dianggarkan untuk itu. Kita berharap dengan bantuan seperti ini, anak-anak lebih bersemangat lagi untuk belajar,” ujar Dwi.

Selain bantuan paket internet menggunakan dana BOS, siswa juga mendapatkan tambahan 2 kartu perdana yang sudah terisi dengan paket data khusus untuk aplikasi pembelajaran. Kedua kartu tersebut adalah Telkomsel dan Axis, sehingga setiap siswa mendapatkan 2 kartu perdana dan 1 voucher internet.

“Siswa kita yang berjumlah 376 orang mendapatkan 2 kartu perdana yakni dari Telkomsel dan Axis, serta 1 buah voucher. Kuota internet yang ada di kartu perdana ini hanya bisa digunakan untuk aplikasi-aplikasi tertentu yang sudah tergabung dalam aplikasi pembelajaran,” ujar Ony Raharjo, wakil kepala Madrasah bidang kesiswaan.

Adapun bantuan paket internet ini diserahkan kepada siswa bersamaan dengan pengumpulan Lembar Jawab PTS yang minggu sebelumnya sudah dibagikan.

“Sesuai dengan aturan dan himbauan dari pemerintah, setiap kegiatan yang melibatkan massa harus mengikuti prosedur pencegahan Covid-19. Untuk itu kegiatan ini dibagi dalam 3 hari dan setiap harinya juga dibagi kedalam beberapa gelombang,” lanjut Ony.

Sementara itu, siswa yang mendapatkan bantuan paket internet dari madrasah mengaku senang dan berharap bantuan ini tidak hanya sekali saja. Seperti yang disampaikan Octy Via, siswi kelas 8C saat ditemui di kelasnya.

“Senang pak, kemarin saat mau mengerjakan tugas paketannya habis. Kalau paketan habis banyak ketinggalan informasi juga. Jadi senang bisa dapat bantuan seperti ini, lebih senang lagi kalau diberikan tidak hanya sekali ini saja,” ujar Via. (dan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.