MTsN 3 Kulon Progo Gelar Pemilos Langsung

Kulon Progo (MTsN3KP) – Seluruh SMP/MTs, SMA/SMK/MA di kabupaten Kulon Progo serempak mengadakan pemilihan pengurus OSIS. Termasuk dalam hal ini MTsN 3 Kulon Progo. Pemilos serentak digelar Kamis (1/10/2020).

Pertimbangan memilih cara pemilihan pengurus OSIS secara normal seperti biasa tanpa menggunakan media elektronik adalah pilihan yang tepat untuk siswa di MTsN 3 Kulon Progo. Karena siswa sebagian besar berada di dekat lingkungan madrasah. Keterbatasan sarana elektronik yang dimiliki siswa dan rendahnya hasil rekap keaktifan siswa dalam setiap kegiatan belajar mengajar (KBM) online setiap harinya. Pelaksanaan KBM kombinasi antara luring dan daring merupakan alternatif terefektif untuk semua pelajaran.

Oleh karena itu Waka kesiswaan, Murgono menjelaskan diambilnya keputusan pemilos periode 2020/2021 walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19 tetap dilaksanakan secara langsung seperti biasa karena keterbatasan media online yang dimiliki siswa. “Kita sengaja laksanakan pemilos secara langsung karena kondisi,” ungkapnya.

“Beberapa pengurus OSIS lama sudah mempersiapkan alat-alat dan bahan untuk pelaksanaan Pemilos ini dua hari yang lalu,” tambah Murgono.

Langkah pertama wali kelas diminta mengumpulkan nama siswa aktif kelas 8 sejumlah dua siswa. Panitia pemilos menyeleksi nama-nama yang masuk dan memilih tiga nama calon.

Dari pemilihan diperoleh hasil sebagai berikut:
1. Siwi Rahmawati Sukarman kelas 8a mendapatkan 28 suara, 2. Daffa Rizki Putra kelas 8b mendapatkan 83 suara,
3. Aila Nayaka Putri Hariyadi kelas 8c mendapatkan 74 suara.

Dari total 226 kartu suara yang masuk ada 32 yang gugur, dan 9 siswa yang terdata tidak bisa hadir ke madrasah karena bertempat tinggal jauh dari madrasah.
Pemilihan pengurus OSIS dilaksanakan tepat mulai pukul 08.00 sampai jam 11.00 selesai. Di awali dengan pemanggilan semua siswa yang bergilir menyoblos kartu suara dengan memasuki bilik pencoblosan hingga penghitungan kartu suara.
Dengan pembagian jadwal pemilihan suara: kelas 7 jam 07.30-08.30, kelas 8 jam 08.30-09.30, dan kelas 9 jam 09.30-10.30. Selain siswa datang ke madrasah sesuai jadwal juga dilakukan protokol Covid-19 seperti siswa wajib memakai masker dan tetap menjaga jarak.

Pembina OSIS, Marno mengatakan bahwa Panitia pemilos ini dipegang oleh pengurus OSIS lama yang sekarang sudah kelas 9. “Pengalaman mengorganisir pemilihan pengurus OSIS ini sangat penting untuk siswa selaku panitia, yang terdiri dari pengurus OSIS lama yang sekarang sudah kelas 9,” ungkap Marno. (rdh/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.