Peringatan Hari Santri Nasional di MTsN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN2KP) – Hari Santri Nasional tahun 2020 diperingati serentak di seluruh Indonesia melalui media Daring dan Luring. Upacara yang disiarkan langsung dari Kementerian Agama Republik Indonesia ini bisa diakses menggunakan aplikasi Zoom dan live streaming youtube, seperti yang diikuti oleh guru dan karyawan MTsN 2 Kulon Progo pada kamis (22/10/2020).

Kepala MTsN 2 Kulon Progo, Muhammad Dwi Putranto dalam apel yang diadakan sebelum mengikuti upacara via Daring menyampaikan bahwa Peringatan Hari Santri ini harus dijadikan sebagai pemacu semangat bagi para guru untuk mendidik siswanya. “Sebagai guru kita dituntut agar bisa membimbing siswa menjadi santri yang baik dalam kemampuan agama dan baik pula dalam kemampuan umum. Oleh karena itu guru harus terus belajar dan mengembangkan keilmuannya agar sesuai dengan kebutuhan saat ini,” ujar Dwi.

“Tahun ini peringatan hari santri berada di tengah-tengah masa pandemi. Temanya pun sesuai, yakni Santri Sehat, Indonesia Kuat. Dengan ini sudah jelas bahwa tugas kita adalah memastikan anak-anak tetap bisa menuntut ilmu dengan memperhatikan kondisi kesehatannya,” lanjutnya.

Hari Santri juga momentum untuk mengingat kembali peran ulama dan kaum santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
“Kita tau bahwa ulama dan santri itu perannya sangat besar dalam kemerdekaan Indonesia. Untuk itu guru dan madrasah bisa menjadi media pembelajaran bagi peserta didik untuk mengetahui dan mempelajari nilai-nilai yang diperjuangkan oleh ulama dan kaum santri sehingga bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Dwi. (dan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.