Prakarya MTsN 5 Kulon Progo, Tetap Produktif dan Kreatif di Masa Pandemi

Kulon Progo (MTsN5KP) – Kondisi pandemi Covid-19 tak menghalangi kreativitas siswa menghasilkan karya-karya indah pada mata pelajaran prakarya. Siswa memanfaatkan berbagai barang-barang tak terpakai untuk disulap menjadi produk yang bernilai dan layak jual. Inilah salah satu kelebihan mapel prakarya, selain mengasah kreativitas, siswa juga berlatih untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan sejak dini.

Hasil karya siswa cukup beragam, mulai dari yang sederhana dengan bahan seadanya sampai yang indah dipandang dan rumit pengerjaannya. Bahan yang digunakan mulai dari kertas, plastik, kain flanel bekas, stik es krim, dan benda-benda tak terpakai lainnya. Produk yang dihasilkan berupa hiasan bunga beserta vasnya, miniatur kursi taman, hiasan dinding, dan masih banyak lagi.

Pengampu mapel prakarya, Sugiarto, S.Pd. mengatakan, siswa tetap antusias mengerjakan tugas praktek prakarya walaupun di masa pandemi seperti saat ini.
“Kondisi pandemi ini ternyata tidak menyurutkan semangat siswa mengerjakan tugas praktek prakarya, mereka tetap mengerjakan tugas di rumah masing-masing. Hasil karyanya juga bagus-bagus dan sangat kreatif,” ungkap Sugiarto.

Hasil karya yang paling bagus dan menarik kemudian dipilih dan dipajang di ruang Kepala Madrasah. Ketika ditemui di ruangannya, Kepala Madrasah MTsN 5 Kulon Progo, Asnah Al Amien, S.Ag. M.S.I. mengungkapkan bahwa ia kagum dengan kreativitas siswa yang mampu menghasilkan karya indah dan bernilai.
“Hasil karya siswa ini bagus-bagus, terutama vas bunga dan hiasan dinding, bisa digunakan untuk memperindah ruangan. Potensi dan kreativitas siswa ini harus terus dikembangkan karena akan sangat bermanfaat bagi mereka di masa depan,” tandas Asnah. (mic/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.