Pupuk Nasionalisme, MAN 2 Kulon Progo Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Kulon Progo (MAN2KP) –  Ketika Pancasila dijadikan dasar Negara, tentulah itu merupakan perjalanan yang sangat panjang. Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Presiden Soekarno di dalam rapat Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada (1/6/1945). Dengan penuh pertimbangan, para pemimpin bangsa kala itu menjadikan Pancasila sebagai dasar Negara setelah Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan ke se-antero penjuru dunia.

Di tengah pelaksanaan Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia, pada (30/9/1965), terjadi sebuah peristiwa berskala besar, di mana adanya usaha perebutan kekuasaan yang dimotori oleh para simpatisan PKI. Selain itu, juga ada keinginan untuk mengubah dasar Negara menjadi Komunis. Hanya saja kudeta tersebut tidak berhasil, sehingga membuktikan akan kesaktian Pancasila. Maka dari itu, pada tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila sampai dengan sekarang.

Hari Kesaktian Pancasila jika dicermati penuh dengan pembelajaran yang baik perihal Nasionalisme. Di tengah era globalisasi ini, seakan dunia seperti sebuah desa kecil yang terhubung oleh akses internet, sebuah kejadian besar di belahan dunia lain, bisa kita tahu selang beberapa jam, mungkin menit. Dan yang paling tidak diinginkan adalah era globalisasi ini mampu membiaskan rasa nasionalisme bangsa ini.
Akibat dari pentingnya mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila serta peristiwa di baliknya yang mampu menjadi pelajaran berharga, maka dari itu, MAN 2 Kulon Progo mewajibkan seluruh civitas Madrasah, mulai dari Pegawai, Guru, dan siswa-siswi untuk mengikuti upacara secara virtual. Terlebih bagi para generasi penerus bangsa, diwajibkan untuk meresume pidato yang disajikan dalam upacara tersebut. Sehingga Siswa-siswi MAN 2 Kulon Progo mengetahui kenapa Hari ini diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila serta mendapatkan pelajaran berharga bahwa Pancasila itu adalah dasar Negara Indonesia.

Hal itu juga senada dengan apa yang diutarakan Kepala MAN 2 Kulon Progo, Khoiriyatun, S.Pd. M.Sc. pada acara tersebut. “Kami sangat bangga dan bahagia atas semangat para guru, pegawai, dan peserta didik yang tetap mengikuti upacara dengan khidmad walaupun diselenggarakan secara virtual. Pegang teguh Pancasila sebagai Ideologi dan Pemersatu Bangsa, Semoga kita mampu menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” pesannya usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila di madrasahnya, Kamis (1/10/2020) pagi. (pan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.