Siswa Kelas 2 MIMASE Berkreasi dari Biji-bijian

Kulon Progo (MIMASE) – Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini tidak menyurutkan semangat siswa dalam berkreasi. Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), siswa dituntut untuk menghasilkan sebuah karya supaya bisa menggali skilnya. Dalam pembelajaran Tematik muatan Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) kelas 2, ada pembelajaran tentang membuat karya hiasan dari bahan alam. Berkreasi dengan bahan alam, bisa dengan bermacam- macam bahan, seperti daun kering, biji- bijian, kerang, tanah liat.

Sebanyak 22 siswa berkreasi membuat figura foto dengan ketentuan bahan yang sudah ditentukan dari madrasah. Mereka bebas berkreasi dalam membuat hiasan figura foto dari biji- bijian. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (3/10/2020).
Guru kelas 2, Jumiyati memberikan penjelasan bahan dan cara membuatnya lewat WA group. “Saya meminta kepada siswa untuk berkreasi membuat figura foto dengan bahan dasar biji-bijian. Siswa bebas dalam berkreasi menggunakan biji apa saja boleh yang penting tidak hanya satu macam biji, supaya terlihat cantik,” ujarnya.

Salah satu siswa bernama Husnul Khotimah berkreasi dengan bahan biji pare, biji jagung, biji kacang panjang, biji oyong, biji kacang hijau dan biji saga rambat. “Hasil karya Husnul terlihat cantik sekali,” imbuh Jumiyati.

Kepala Madrasah, Kasmad Rifangi, M.Pd.I mengatakan pembelajaran daring memang dibutuhkan kreasi-kreasi, untuk menumbuhkan semangat belajar siswa, karena mereka sudah jenuh belajar di rumah. Bahkan siswa bisa bereksplor dalam mempercantik hasil karyanya, dan tentu saja dengan kegiatan pembelajaran seperti ini mereka merasa terhibur. “Hasil karya siswa belajar di rumah tersebut bisa di pajang untuk hiasan dinding di kelas, supaya kelas terlihat asri,” tutur Kasmad Rifangi. (jmy/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.