Siswa MIN 2 Kulon Progo Ikut Partisipasi dalam Buku Antologi Puisi

Kulon Progo (MIN2KP) – Buku berjudul “Inspirasi Literasiku” adalah antologi puisi karya siswa binaan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) Kulon Progo. Dalam buku inilah beberapa karya siswa dari MIN 2 Kulon Progo terabadikan. Sekolah/madrasah lain yang juga turut berpartisipasi dalam antologi puisi ini adalah MI Muhammadiyah Serangrejo, SD Negeri Karangwuni, SD Negeri 1 Kulwaru, SD Negeri Giripeni, SD Negeri 1 Sentolo, SD Muhammadiyah Sidowayah, MI Muhammadiyah Kenteng, SD Muhammadiyah Girinyono, dan SD Negeri 2 Sentolo.

Sebagai salah salah satu madrasah binaan dari Sekolah Literasi Indonesia, sudah menjadi tanggungjawab MIN 2 Kulon Progo untuk selalu mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh SLI. Salah satu kegiatannya adalah lomba cipta puisi untuk siswa kelas 3 dan 4 SD/MI.
Kegiatan lomba cipta puisi merupakan serangkaian program dari INSPIRASI (Ikatan Pemimpin Literasi Indonesia). Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 lalu, diikuti oleh siswa kelas 3 dan 4 dari sepuluh SD/MI binaan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) yang berada di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Teknis pelaksanaan lomba cipta puisi ini diserahkan ke sekolah/madrasah masing-masing. Seluruh siswa kelas 3 dan 4 diminta untuk membuat sebuah puisi dengan tema yang tidak ditentukan sebelumnya. Dari keseluruhan puisi tersebut, kemudian dipilih sepuluh puisi karya terbaik untuk dikumpulkan menjadi satu dengan sekolah/madrasah yang lainnya.

Atas inisiatif dari Wahyu Widiyawati, kumpulan puisi karya terbaik dari masing-masing sekolah/madrasah diwujudkan dalam bentuk sebuah buku. “Dengan mengabadikan karya siswa dalam sebuah buku, semoga dapat menambah semangat mereka dan siswa-siswa yang lain untuk selalu berkarya,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, MIN 2 Kulon Progo juga memberikan apresiasi kepada tiga siswa terbaik dengan karya puisinya. Apresiasi yang diberikan berupa piagam penghargaan yang sudah diserahkan kepada para siswa pada Kamis (17/9/2020) lalu. Piagam penghargaan ini diberikan kepada Hazna Qurrota ‘Ainun Afirrosa Tanjung dengan puisinya yang berjudul “Sekolahku”, Muhammad Ilham Al Mudhafar dengan puisinya yang berjudul “Layang-Layang”, dan Muhammad Rava Affrizal dengan puisinya yang berjudul “Kucingku yang Lucu.”

Etik Fadhilah Ihsanti, S.Pd.I.,M.Pd., Kepala MIN 2 Kulon Progo mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh siswa dalam lomba cipta puisi. Ucapan selamat kepada siswa yang berhasil memperoleh piagam pun disampaikan di sela-sela sambutannya pada acara penyerahan piagam penghargaan dan buku hasil karya mereka tersebut di madrasah setempat, Selasa (13/10/2020). “Tetap semangat dan teruslah berusaha untuk menghasilkan karya terbaiknya,” pesan Etik. (rat/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.