Kulon Progo (MTsN4KP) – Serangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS 2020) MTsN 4 Kulon Progo usai digelar (26-27/10/2020) lalu. LDKS sebagai tindak lanjut dari agenda Pemilos kali ini mengangkat tema mewujudkan OSIS demokratis dan berkemajuan. Hadirkan narasumber ahli dan menarik, LDKS diharapkan bisa menjadi vitamin positif bagi pengurus OSIS terpilih. Acara diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 5 perwakilan tiap kelas, yang masing-masing akan menduduki jabatan sebagai Pengurus Harian (PH) dan juga mengisi divisi-divisi dalam OSIS.

LDKS dibuka oleh Kepala Madrasah, Drs. Sukarlan (26/7/2020). Ia menyampaikan harapan kepada para siswa yang terpilih sebagai Pengurus OSIS untuk dapat belajar dan menimba pengalaman dalam organisasi. Ia memberikan semangat dengan mengisahkan kesuksesan alumni MTs yang bermula dari kegiatan berorganisasi di sekolah.

Materi hari pertama, mengangkat beberapa materi serius yakni Kebijakan Madrasah yang disampaikan oleh Drs.Sukarlan. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua mengenai Wawasan Kebangsaan dengan nara sumber Drs. Kurdiyanto, guru senior yang juga telah beberapa kali menjabat sebagai Kepala Madrasah. Sementara itu, R. Fajar Ismayajati, S.Pd. selaku waka kesiswaan berkesempatan menyampaikan materi tentang kepemimpinan.

Selain Materi Kepemimpinan, di hari pertama para peserta LDKS juga menerima materi Manajemen Organisasi yang disampaikan oleh Fahmi Hidayati. Ia adalah salah satu alumni MTsN 4 Kulon Progo yang berkecimpung dalam berbagai organisasi semenjak menjadi siswa MTS, MAN, hingga kuliah di Alma Ata Yogyakarta.
Di hari pertama juga, para peserta LDKS diajarkan materi dan Pelajaran Baris Berbaris, dengan mendatangkan alumni MTsN 4 Kulon Progo yang juga pernah menjadi anggota Paskibraka Kabupaten. Amin Wahyudi dan Amelia Mukminah, A,Md.Tra sebagai alumni yang inspiratif tersebut diundang dalam rangka memberikan semangat kepada para pengurus OSIS agar dapat menguasai teknik PBB sebagai bagian dari latihan kedisiplinan. Hal ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi pengurus OSIS dalam menerapkan kedisiplinan dalam diri sendiri. Juga mengembangkan diri melalui kegiatan baris berbaris.

Di hari kedua LDKS, dihadirkan pula alumni MTsN Jatimulyo (Sekarang MTsN 4 Kulon Progo) yang telah sukses dan berprofesi sebagai Dosen Jurusan Bimbingan Konseling di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Namanya Agung Budi Prabowo, M.Pd.I. yang dalam LDKS kali ini menyempatkan untuk hadir di almamater guna memberikan materi Pendidikan Karakter dan Kedisiplinan.
“Jangan kecil hati meski kalian terlahir sebagai anggun (Anak Nggunung). Dahulu, lima belas tahun lalu, saya pernah duduk di kursi kalian. Menjadi Ketua OSIS seperti kalian. Dan saya ini juga dari keluarga biasa. Tapi apa, kita harus berani menggantungkan mimpi setinggi langit. Kalian harus yakin bahwa anak nggunung juga bisa berprestasi mendunia,” tutur Agung.

Tak hanya Agung Budi Prabowo yang meninggalkan kesan mendalam bagi para peserta LDKS, sesi kedua, hadir pula instruktu outbond lincah dan telah melanglang buana di dunia fasilitator outbond, Nofiyanti,S.Pd.Si. Dalam materi Dinamika Kelompok, Nofi panggilan akrabnya mengajak para siswa untuk lebih mengenali diri sendiri dan teman dalam kepengurusan OSIS melalui berbagai games menyenangkan. Tampak terlihat antusias para siswa dan kegembiraan mereka mengikuti games demi games yang dikemas sebagai refleksi bagaimana sebuah organisasi berjalan dalam berbagai masalah dan konflik.

Di akhir sesi, para peserta LDKS mendiskusikan berbagai rencana kerja OSIS 2020/2021 berdasarkan masing-masing divisi. Mereka pun kemudian memaparkan hasil diskusi mereka dalam sidang pleno di bawah arahan Pembina OSIS.

“Alhamdulillah, rencana kerja sudah disepakati. Ke  depan, kami yakin dan bersemangat untuk melaksanakan rencana program. Pokoknya kami siap berkreasi dan beda,” tutur Reisya Halwa Raihanah, wakil ketua OSIS , yang dituangkannya dalam poster ucapan selamat Hari Sumpah Pemuda. Welcome OSIS Madsanefour 2020/2021! (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 replies
  1. Ambar Suryaningsih
    Ambar Suryaningsih says:

    Tanggalkan atribut yang lain, hanya OSIS lah yang harus kalian junjung tinggi. Bravo anak-anak.
    Jadilah teladan bagi teman-temanmu

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.