Arjuna Team MIM Kenteng Ajak Siswa-Siswi Memvisualisasi Pahlawan Nasional

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November menjadi salah satu sejarah yang seharusnya tidak dilupakan oleh generasi saat ini. Kisah perjuangan para pahlawan terdahulu baik jiwa maupun raga sebagai taruhannya telah membawa nafas kemerdekaan yang abadi dinikmati pribumi sampai detik ini.

Dalam rangka membuka cakrawala peserta didik akan sejarah perjuangan para pahlawan, maka Arjuna Team MIM Kenteng mengadakan agenda dengan tema JAS MERAH, Jangan Lupakan Sejarah dan diberi judul Kulukis Pahlawanku. Sebuah ajang visualisasi dalam bentuk gambar para pahlawan yang dilaksanakan Arjuna Team khusus untuk siswa-siswi MIM Kenteng pada hari Selasa (10/11/2020).

Kepala MIM Kenteng, Rujito, S.Pd.I. M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan tersebut mengingatkan anak-anak atas jasa para pahlawan. “Sebuah kegiatan yang bagus, Arjuna Team dengan kerjasamanya dapat membuka ingatan anak-anak supaya tidak lupa dengan para pahlawan Indonesia. Kami harap anak didik kami dan seluruh anak bisa melanjutkan jejak perjuangan para pahlawan,” ujar Rujito.

Salah satu anggota dari Arjuna Team, Rizco Ardian Saputro menyebutkan bahwa timnya telah menyiapkan nama-nama pahlawan sebelumnya. “Kami menyiapkan beberapa nama pahlawan yang kami masukan dalam daftar visualisasi pahlawan, yaitu Ir.  Soekarno, Ahmad Yani, Jendral Sudirman, Cut Nyak Dien, Ki Hajar Dewantara, Dewi Sartika, Pangeran Antasari, Pangeran Diponegoro, Pattimura, Mohammad Hatta, Agus Salim, Cut Mutia, Bung Tomo, RA. Kartini, Christina Martha Tiahahu, dan Rasuna Said. Pahlawan dari Sabang sampai Merauke ini kami kenalkan kepada anak-anak semuanya,” jelas Rizco.

“Instruksi kami berikan secara daring dan luring. Daring bagi siswa yang sedang belajar di rumah masing-masing dengan menggunakan platform WAG (Whatsap Group). Sedangkan untuk yang luring adalah siswa dari Panti Asuhan Binausaadah. Kami memberikan daftar nama dan gambar/foto dari tiap-tiap pahlawan. Pada saat intruksi sudah diberikan, anak-anak langsung memilih pahlawan yang akan divisualisasi dengan semangat, dan hasilnya sangat memuaskan. Semoga setiap event yang bersejarah tentunya dapat kami maksimalkan bagi kegiatan siswa untuk menghilangkan kejenuhan selama BDR serta meningkatkan rasa cinta tanah air dan cinta perjuangan para pahlawan bangsa,” pungkas Rizco. (ras/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.