Guru dan Karyawan MTsN 2 Kulon Progo Ikuti Rangkaian Kegiatan HGN

Kulon Progo (MTsN2KP) – Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh setiap tanggal 25 November, untuk tahun 2020 ini diperingati secara serentak oleh pegawai Kementerian Agama D.I.Y selama 3 hari. Rangkaian acara dimulai Senin (23/11/2020) dan berakhir Rabu (25/11/2020). Agenda pada hari pertama adalah Muqaddaman bersama sedara Daring dan dilanjutkan dengan Kembul Ingkung di masing-masing madrasah. Hari Kedua dilaksanakan Launching Garda Kagum dan Pelaporan TPG secara daring. Sedangkan hari ketiga dilaksanakan upacara HGN yang disiarkan secara langsung dari Kementerian Agama R.I.

Kegiatan Muqoddaman serentak yang disiarkan langsung dari Kantor Wilayah Kementerian Agama D.I.Y. Diikuti secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Saat memberikan sambutan dalam acara tersebut,  Kakanwil Kemenag D.I.Y. Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. mengatakan bahwa Al-Qur’an harus dijadikan sebagai pedoman dalam segala hal, termasuk dalam mendidik anak bangsa dengan cara membaca, menghayati dan mengamalkannya. “Dengan kegiatan Muqoddaman ini saya berharap Al-Qur’an bisa selalu kita jadikan landasan utama dalam melakukan segala hal,” ujar Kakanwil.

Kepala MTsN 2 Kulon Progo, Muhamad Dwi Putranto dalam berberapa kesempatan juga menyampaikan hal yang senada, bahwa Al-Qur’an adalah landasan hidup dan sumber segala ilmu. “Selama kita dekat dan berpegang pada Al-Qur’an, ia akan menuntun kita kepada keselamatan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membacanya, kemudian dihafal, lalu yang paling tinggi adalah penghayatan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Kamad.

Kegiatan pada hari pertama ini diakhiri dengan Kembul Ingkung yang dilaksanakan di Mushala MTsN 2 Kulon Progo. Adapun untuk acara hari kedua juga menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan disaksikan secara bersama-sama oleh guru MTsN 2 Kulon Progo. Agendanya adalah Launching Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru Madrasah atau disingkat Garda Kagum dan Aplikasi Pelaporan Belanja TPG untuk Pengembangan Diri yang disingkat Sipanjat Padi. Acara ini dihadiri oleh Direktur GTK. Kemenag R.I. Dr. Muhammad Zain, Kepala Kanwil Kemanag D.I.Y., Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. dan Kepala Bidang Dikmad Kemenag D.I.Y., H.Muntholib, S.Ag.,M.Si.

Untuk hari ketiga dalam rangkaian Peringatan Hari Guru Nasional, dilaksanakan upacara HGN dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Upacara ini disiarkan langsung dari Kementerian Agama R.I. dengan Menteri Agama R.I. Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi, S.I.P., S.H., M.H. sebagai pembina Upacara. Dalam Amanatnya, Menteri Agama menyampaikan bahwa guru adalah elemen penting dalam membangun bangsa terutama dalam kondisi sulit seperti saat sekarang ini. “Terimakasih untuk jasa dan perjuangan para guru yang tetap menjalankan tugasnya secara tulus dan ikhlas, terutama dalam situasi pandemi seperti saat ini. Baik yang berada di kota-kota besar maupun di daerah tertinggal. Semoga para guru tetap dalam keadaan sehat wal afiat,” ungkapnya.

Menteri Agama menutupnya dengan memberikan ucapan selamat kepada seluruh guru di Indonesia, “Selamat Hari Guru, Bakti Guru Lindungi Negeri,” pungkas Menag. (dan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.