Guru MIN 2 Kulon Progo Ikuti Pelatihan Pendidikan Inklusi

Kulon Progo (MIN2KP) – Salah satu guru MIN 2 Kulon Progo, Fitri Asmawati, S.Pd.I. berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Diklat Pendidikan Inklusi yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Jln. Ir. H. Juanda Nomor 37 Ciputat, Tangerang Selatan. Pelaksanaan pelatihan secara online, dan praktik terbimbing mulai Senin (19/10/2020) sampai dengan Sabtu  (21/11/2020)  atau selama 34 hari.  Sedang untuk presentasi tatap muka di laksanakan di Provinsi masing-masing, Kamis- Jumat (26-27/11/2020).

Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 60 orang di seluruh Indonesia yang terbagi dalam dua angkatan masing-masing 6 provinsi. Angkatan I berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali dan Sulawesi Selatan. Sementara untuk angkatan II berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan D.I. Yogyakarta. Dari Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi masing-masing mengirimkan 5 orang sebagai perwakilan.

Kepala Penyelenggara, Efa Ainul Falah dalam sambutannya pada acara overview, Kamis (15/10/2020) melalui zoom meeting menyampaikan bahwa pelatihan pendidikan inklusi ini adalah yang pertama dilaksanakan oleh Pusdiklat. “Pelatihan pendidikan inklusi ini adalah yang pertama dengan membuka 2 angkatan sekaligus yaitu angkatan I dan angkatan II. Harapannya lulusan pelatihan ini dapat mengembangkan ilmu yang telah diperoleh selama diklat, sehingga tujuan dari pendidikan inklusi dapat terlaksana di seluruh madrasah/sekolah di Indonesia,” kata Efa.

Ada sedikitnya 16 materi dalam pelatihan ini yaitu: Konsep Dasar Pendidikan Inklusi, Nilai-nilai dasar Pegawai Kementerian Agama, Sistem Pelatihan dan pengembangan Pegaawai, Pembangunan Bidang Agama, Sekolah Ramah Anak, Mekanisme Layanan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di Madrasah Inklusif, Konsep Dasar PDBK, Konsep Pendidikan Khusus, Desain Program Pembelajaran Inklusi, Manajemen Pelatihan, Praktik Menyusun Assesmen, Praktik Menyusun Hasil Assesmen dan Profil PDBK, Praktik Menyusun Desain Program (Integrasi dan atau PPI), Rencana Tindak Lanjut, Evaluasi Program Online, dan Ujian Online.

Semua materi disajikan secara online baik dalam bentuk zoom meeting, diskusi, latihan, lembar kerja yang diupload, live chat maupun pretest dan posttest. Sementara itu untuk presentasi dan penilaian laporan dilaksanakan secara offline di Ruang Nakula lantai 1, Alana Hotel & Conference Center Malioboro pada hari Kamis-Jumat (26-27/11/2020).

Penutupan kegiatan diklat kembali dilaksanakan serempak dua angkatan secara online melalui zoom meeting. Fitri Asmawati, S.Pd. I merasa bersyukur mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan ini. “Kegiatan diklat Pendidikan Inklusi ini cukup melelahkan, namun ilmu dan pengalaman yang diperoleh sangat bermanfaat bagi guru untuk memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di madrasah masing-masing. Semoga hasil dari kegiatan ini dapat diterapkan di madrasah, dan dikembangkan untuk madrasah-madrasah lain,” ujarnya. (fas/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.