Kreativitas Siswa MIN 2 Kulon Progo Manfaatkan Barang Bekas

Kulon Progo (MIN2KP) – Pada saat ini banyak dijumpai produk makanan dan minuman yang dikemas menggunakan bahan dari plastik. Misalnya botol, mika, tempat makan, dan lain sebagainya. Produk ini menggunakan tempat yang terbuat dari plastik, dan setelah dimanfaatkan isi/minumannya, tempat/botol itu sudah tidak digunakan lagi. Apabila hal seperti ini berlangsung terus menerus akan menjadi sampah yang tidak bisa membusuk dan lama kelamaan menimbulkan masalah bagi lingkungan. Hal itu diungkapkan Guru Kelas II MIN 2 Kulon Progo, Siti Mustaqimah di sela-sela kegiatan di madrasahnya, Rabu (4/11/2020).

“Barang bekas yang sudah tidak terpakai, bisa dimanfaatkan lagi untuk media pembelajaran siswa. Terutama barang bekas yang terbuat dari plastic, bisa dijadikan barang kreasi yang lebih bermanfaat,” ungkapnya.

“Dalam pembelajaran selain belajar ilmu pengetahuan, siswa juga belajar tentang keterampilan. Salah satu contoh adalah tempat pensil dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai. Sehingga dapat bermanfaat, juga bernilai ekonomis. Pada kesempatan kali ini siswa kelas II MIN 2 Kulon Progo untuk menunjukkan kreativitasnya dengan membuat prakarya berupa tempat pensil dari botol bekas,” imbuh Mustaqimah.

“Membuat tempat pensil dari botol bekas, selain mudah didapat juga bisa menghemat biaya. Sehingga tidak memberatkan keuangan orangtua/wali. Selain itu juga untuk menumbuhkan kemampuan dan kreativitas, karena siswa mempraktikkan langsung,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala Madrasah, Etik Fadhilah Ihsanti, mengatakan bahwa pembelajaran  pada masa pandemi saat ini tidak dituntut harus selesai materi pengetahuan atau pembelajaran yang sifatnya memberatkan bagi siswa maupun orangtua/wali. Tetapi juga dapat belajar dengan menggunakan media lingkungan sekitar. “Pembelajaran jangan sampai memberatkan siswa dan orangtua. Manfaatkan lingkungan sekitar untuk belajar,” ujarnya. (mus/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.