Kunjungan Inspiring Library dalam Supervisi dan Pelatihan di MIMAGA  

Kulon Progo (MIMAGA)Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakata memberikan pelatihan Pengembangan Literasi Sekolah di MI Ma’arif Garongan. Kegiatan tersebut diperuntukkan bagi seluruh Guru dan Pustakawan MIMAGA. Kepala Madrasah, Pertiwi Endah Pamungkas, SE, S.Pd. menyampaikan hal itu di sela-sela pelatihan di madrasah tersebut, Rabu (11/11/2020) siang.

“Pelatihan Pengembangan Literasi Sekolah yang diberikan oleh Program Inspiring Library Dompet Dhuafa Pendidikan Yogyakarta di MIMAGA siang ini bersamaan dengan jadwal supervisi Perpustakaan MIMAGA Library. Kegiatan tersebut sudah dijadwalkan pada bulan sebelumnya oleh Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta,” ujar Endah.

Sebelum dimulai, Pelatihan Pengembangan Literasi Sekolah ini diawali dengan mengunjungi Perpustakaan MIMAGA Library sebagai langkah supervisi yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Narasumber dari Dompet Dhuafa Yogyakarta, Nurul Azizah  menyampaikan bahwa MIMAGA Library telah memenuhi target yang telah ditetapkan sebelumnya. “Perpustakaan MIMAGA Library yang kami kunjungi hari ini telah memenuhi target dari apa  yang kami programkan. Dalam Managemen Perpustakaan dan Pengelolaan Aset Buku Perpustakaan, Penataan ruang, Inventarisir Buku, Stempel, Penjenjangan, Klasifikasi, serta Bahan Kaya Bacaan. Secara keseluruhan Perpustakaan MIMAGA Library telah memenuhi target dalam Managemen Perpustakaan dan pengelolaan Aset Buku Perpustakaan,” tandasnya.

Pelatihan Pengembangan Literasi Sekolah di MIMAGA siang ini dimulai dengan permainan/game. Selanjutnya diskusi tentang Perpustakaan yang baik, kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang dimiliki dan dihadapi oleh Perpustakaan MIMAGA Library. “Kelemahan akan bergeser menjadi kekuatan, kelemahan akan tertutup dengan peluang, peluang diharapkan dapat menutup kelemahan,” tambah Nurul Azizah.

“Titik Point dalam pelatihan hari ini adalah Perpustakaan merupakan ruang yang asyik untuk membaca, bukan sebagai gudang buku yang berdebu. Upaya yang harus ditingkatkan adalah Peningkatan  Kompetensi Guru dengan banyak pelatihan, sharing antar guru, meningkatkan kegiatan FRA (Fun Reading Activity) dan FLA (Fun Literasi Activity). Program khusus literasi untuk Siswa, guru dan orangtua adalah program yang dijadikan untuk Pengembangan Literasi Sekolah,” pungkasnya.

Di akhir sesi pelatihan Pengembangan Literasi Sekolah seluruh guru dan pustakawan MIMAGA membuat  Time Schedule Perpustakaan MIMAGA Library.  Salah satu peserta Pelatihan, Binti Salamah, S.Ag. merasa senang dengan mengikuti pelatihan Pengembangan Literasi Sekolah tersebut. “Saya merasa senang mengikuti pelatihan yang diberikan oleh program Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakara hari ini. Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang saya dapat tentang Literasi Sekolah dalam  pelatihan ini,” tuturnya.

MIMAGA Mandiri Berkarakter. Madrasah hebat bermartabat. (ama/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.