MI Al Falaah Kaliwiru Nikmati Panen Lele Perdana

Kulon Progo (MI Al Falah) – Dalam rangka menumbuhkan jiwa wirausaha siswa bersama guru MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru, Sentolo berlatih memelihara lele. Lele dipelihara selama kurang lebih 3 bulan untuk siap panen.  Dengan program ini MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru ingin menumbuhkan jiwa wirausaha. Hal ini disampaikan oleh Kepala Madrasah, Yeni Muharomah pada acara panen lele perdana,  Senin (16/11/2020) pagi.

“Bermodalkan bibit 150 ekor, di besarkan dengan pellet dan dedaunan lele bisa tumbuh  dan siap panen kurang lebih dalam kurun waktu 3 bulan. Perawatan sangat mudah. Cukup memantau kekeruhan air,  suhu, dan debit air.  Jika air keruh sekali perlu ada tambahan debit air biar tidak terlalu keruh.  Harus ada pergantian air.  Jika suhu terlalu panas di berikan peneduh di atas kolam,” ungkapnya.

Siswa dan wali juga merasa senang karena bisa merasakan usaha madrasah secara langsung. “Hal ini dapat dilihat dari keceriaan anak saat konsumsi lele serta kerjasama wali dalam mengolah ikan tersebut,”  imbuhnya.

Guru MI Al Falaah, Waliyanto mengaku sangat senang dengan budidaya lele ini. “saya sangat senang sekali untuk wirausaha di bidang ternak lele, karena resiko sangat minim, dan untuk tumbuh besar siap panen juga tidak membutuhkan waktu lama,” tuturnya. (ymr/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.