MIMAGA Sukseskan BIAS Imunisasi DT dan Td

 

Kulon Progo (MIMAGA) – Berdasarkan Permenkes No 12 tahun 2017 tentang penyelenggaaan Imunisasi untuk siswa SD/MI kelas I, II, dan V jatuh di Bulan November ini. Program BIAS ini dilaksanakan karena imunisasi yang telah diberikan pada usia bayi kekebalannya mulai menurun sehingga perlu di tambah untuk memberikan kekebalan jangka panjang bagi bayi yang telah diimunisasi lengkap. Untuk itu perlu dilaksanakan imuisasi ulangan pada anak sekolah.

Mendasar Permenkes tersebut, Sabtu (7/11/2020) MI Ma’arif Garongan (MIMAGA) mengikuti Program BIAS yang diselenggarakan oleh Puskesmas Panjatan II bertempat di madrasah setempat dengan pengaturan jadwal kelas 1 dilaksanakan pukul 08.30 WIB kelas 2 dilaksanakan pukul 09.30 WIB dan kelas 5 dilaksanakan pukul 10.00 WIB.

Kepala Madarasah, Pertiwi Endah Pamungkas, SE, S.Pd menyampaikan bahwa imunisasi kali ini meliputi DT dan Td. “Jenis Imunisasi pada BIAS yang diselenggarakan hari ini adalah Imunisasi DT, diberikan kepada seluruh siswa kelas 1 berjumlah 19 anak, Dan Imunisasi Td diberikan kepada seluruh siswa kelas 2 dan 5 sejumlah 31 anak,” ungkap Endah.

“Pelaksanaaan Imunisasi pada BIAS yang dilaksanakan hari ini dengan menerapan protokol kesehatan, dengan tetap mamakai masker dari rumah, mencuci tangan, dan mengatur ruangan kelas. Selain itu juga diatur tempat duduk saat imunisasi, memastikan anak dalam keadaan sehat, tidak batuk pilek dan sakit lainnya. Anak juga diminta untuk sarapan pagi dan membawa teh manis saat imunisasi di sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu Petugas Imunisasi, Asih Supami, A.Ma.Keb., menerangkan tentang imunisasi tersebut. “Kami berempat petugas Imunisasi BIAS di MI Ma’arif Garongan ini bersama petugas yang lain diantaranya Suparno, A.Mk, Bekti Kadarwati, A.Md.Kep., dan Nur Syahidah .R, A.Md.Kes. Imunisasi pada BIAS hari ini kami berikan Imunisasi DT untuk 19 anak kelas 1, dan Imunisasi Td untuk kelas 2 dan 5 berjumlah 31 anak di MI Ma’arif Garongan ini. Imunisasi DT (dipteria tetanus) adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan. Sedangkan Imunisasi Td (tetanus dipteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT agar anak semakin kebal dengan ketiga jenis penyakit tersebut,” terang Asih.

“Alhamdulillah pelaksanaan Imunisasi DT dan Td di MI Ma’arif Garongan berjalan lancar. Seluruh siswa yang masuk dalam jadwal imunisasi dapat mengikuti sesuai jadwal. Untuk siswa yang hari ini belum bisa imunisasi di MI Ma’arif Garongan karena suhu badan di atas normal akan diberikan jadwal lagi di Puskesmas Panjatan II pada hari berikutnya sesuai jadwal,” tutur Asih.

MIMAGA Mandiri Berkarakter, Madasah Hebat Bermartabat. (ama/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

4 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.