MIN 2 Kulon Progo Ikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Guru Nasional

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo mengikuti upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 secara virtual. Upacara virtual ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan MIN 2 Kulon Progo di madrasah setempat pada Rabu (25/11/2020) pagi.

Upacara virtual ini dilaksanakan di ruang kelas karena kondisi cuaca sedang hujan. Meskipun begitu, kondisi ini tidak menyurutkan semangat seluruh guru dan karyawan MIN 2 Kulon Progo untuk mengikutinya . Pelaksanaan upacara peringatan Hari Guru Nasional secara virtual berlangsung dengan khidmat hingga selesai acara.

Kepala Madrasah, Etik Fadhilah Ihsanti, S.Pd.,M.Pd., menyampaikan bahwa upacara virtual ini merupakan serangkaian kegiatan peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama D.I. Yogyakarta.

“Sebelumnya kita mengikuti acara Muqoddaman Al-Qur’an pada Senin (23/11/2020), selanjutnya Launching Garda Kagum dan Launching Aplikasi Pelaporan Belanja TPG pada Selasa (24/11/2020), upacara peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Nasional juga dilaksanakan secara virtual,” terangnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh kepala madrasah kepada seluruh guru dan karyawan yang telah mengikuti upacara virtual seusai pelaksanaan upacara. Harapannya, para guru dapat mengambil nilai positif dari adanya pandemi Covid-19 ini.

“Senada dengan tema Hari Guru Nasional Tahun 2020, Bakti Guru Lindungi Negeri, para guru dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas dirinya agar mampu melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah,” harapnya.

Tema Bakti Guru Lindungi Negeri yang diusung oleh  Kementerian Agama ini mengandung makna bahwa seluruh upaya dan bakti para guru sampai sekarang hingga yang akan datang adalah diwajibkan untuk melindungi  dan menjaga keberlangsungan negeri.

Menteri Agama, Jenderal (Purn) Fachrul Razi, dalam sambutannya menyampaikan betapa penting dan terhormatnya tugas serta peran guru dari masa ke masa. “Sejak jaman penjajahan para guru yang menanamkan semangat nasionalisme, patriotism, dan cinta tanah air kepada peserta didik. Para guru jugalah yang mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan,” ungkap Menag.

“Adanya pandemi Covid-19 telah memberikan dampak positif yaitu munculnya berbagai kreativitas yang tinggi dari peserta didik baik pada jenjang pendidikan dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi. Di mana prestasi ini muncul atas sumbang sih dan bakti para guru yang telah membimbing,” imbuhnya.

Dalam akhir sambutannya, Menteri Agama berpesan agar semua guru selalu meningkatkan kualitas dirinya secara berkelanjutan serta tetap berniat suci dan tulus dalam pengabdiannya demi bangsa, negara, dan agama. (rat/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.