MTsN 4 Kulon Progo Gelar Apel Sumpah Pemuda dan Pelantikan Pengurus OSIS

Kulon Progo (MTsN4KP) – MTsN 4 Kulon Progo (Madsanefour) tetap gelar apel peringatan Hari Sumpah Pemuda (31/10/2020), meski mundur dikarenakan cuti bersama. Terpaksa dilaksanakan terbatas yang hanya diikuti oleh perwakilan siswa kelas VII dan VIII serta sebagian guru dan pegawai, apel dilaksanakan dengan hikmat. Bertindak sebagai Pembina apel, Kepala Madrasah Drs. Sukarlan.

Dalam sambutannya, Sukarlan menyampakan pesan untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan di madrasah. Demikian pula peringatan-peringatan hari besar nasional yang diusahakan tetap terlaksana meski harus dibatasi dan belum dapat diikuti oleh seluruh siswa.
“Sumpah Pemuda mengingatkan kita kembali pada keberanian para pemuda dalam bersatu padu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Gerakan yang semula bersifat kedaerahan, bertonggak dari bersatunya para pemuda dari seluruh nusantara, maka para pemuda ini dapat mengalahkan penjajah,”  tutur Sukarlan.

Ia pun menambahkan bahwa selayaknya para pelajar meneladani para pemuda yang telah berjuang. “Caranya, sebagai pelajar kalian berjuang dan belajarlah. Sekarang harus merasakan perih dan bekerja di saat teman yang lain bermain, kalian belajar dan berorganisasi, maka begitulah cara kalian berjuang,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini pula, sebanyak 40 siswa kelas VII dan VIII resmi dilantik menjadi pengurus OSIS MTsN 4 Kulon Progo masa bakti 2020/2021. Prosesi pelantikan dimulai dengan pembacaan SK Kepala Madrasah tentang Susunan Kepengurusan OSIS. Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan ikrar jabatan oleh segenap pengurus OSIS yang dibimbing langsung oleh Kepala Madrasah.

Usai pengucapan ikrar jabatan, Kepala Madrasah resmi melantik Pengurus OSIS dengan membacakan Surat Al-Fatihah. Kemudian sebagai simbol, Riska Nofianasari sebagai Ketua OSIS 2019/2020 menyerahkan bendera OSIS kepada Kepala Madrasah. Haru terasa ketika Riska menyerahkan bendera dengan mengatakan hal ini, “Saya serahkan kembali kepemimpinan OSIS 2019/2020 kepada Bapak Kepala Madrasah,” ungkap Riska sebagai ketua Demisioner yang dalam masa jabatannya, telah melaksanakan berbagai progam kerja yang tetap produktif di masa pandemi.

Kemudian Kepala Madrasah secara simbolis menyerahkan bendera OSIS kepada Ketua terpilih, yakni Ridho Nur Jalal. “Bendera ini diserahkan kepada kalian. Semoga amanah dalam menjalankan tampuk kepemimpinan OSIS 2020/2021,” ujar Sukarlan.

Usai resmi dilantik, setiap pengurus OSIS pun bergiliran mencium bendera tanda keikhlasan dan tanggung jawab mereka ketika akan menjalankan amanah organisasi. Setelah itu, kedua pihak beserta Kepala Madrasah menandatangani berita acara pelantikan dilanjutkan dengan penyerahan dokumen OSIS. Tak hanya dokumen fisik, Pengurus Harian terdahulu juga menyerahkan akun osis_madsanefour official kepada pengurus baru.

Acara ditutup dengan menyanyikan lagu wajib nasional dan doa oleh salah satu pegawai senior MTsN 4 Kulon Progo yang dahulu juga merupakan penyuluh agama, Kholil. “Ya Allah, berilah kekuatan kepada siswa-siswi kami untuk menjalankan amanah jabatan selaku pengurus OSIS dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab, sehingga membawa kemajuan dan menjaga nama baik madrasah,” salah satu untaian doa Kholil. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.