Musda DMI, Bupati: Masjid Benteng Kehidupan

Kulon Progo (Kemenag) – Dewan Masjid Indonesia (DMI) harus menjadi pelopor pengembangan fungsi masjid. Masjid merupakan tempat yang stategis dalam membentengi kehidupan. Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedja menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan pada Musda DMI di Aula Menoreh Kankemenag setempat, Jum’at (27/11/2020) siang.

“DMI harus menjadi pelopor dalam pengembangan fungsi masjid. Masjid adalah tempat yang strategis dalam membentengi kehidupan. DMI adalah lembaga yang berkompeten untuk hal ini,” ujar Bupati.

Sutedja juga mengungkapkan bahwa dalam Musda ini ada tiga agenda penting. “Yang pertama adalah pertanggungjawaban pengurus. Peserta silahkan mengevaluasi, menanggapi, dan menyikapi. Kedua menyusun program kerja 5 tahun ke depan. Program kerja agar menyesuaikan era sekarang. Kami akan memberikan dukungan sesuai dengan program Pemerintah,” imbuhnya.

“Sedang yang ketiga adalah agenda pemilihan pengurus baru. Pemerintah tidak akan mengintervensi. Siapapun yang terpilih harus amanah dan bertanggungjawab,” pesan Bupati.

Sementara itu Ketua DMI DIY, Prof. Muhammad berharap agar pengurus terpilih mempunyai mental pembelajar. “Siapapun yang terpilih harus punya semangat untuk belajar. Bisa menangkap berbagai fenomena, dan berhusnudhan, sehingga yang keluar hal-hal positif. DMI juga harus selalu berkolaborasi dengan Kankemenag,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua DMI Kulon Progo, H. Jumanto, S.H. melaporkan bahwa penyelenggaraan Musda tersebut sudah mendapat rekomendasi dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Program kerja yang telah berjalan meliputi kerjasama dengan Pemerintah, sosialisasi dan optimalisasi fungsi masjid, peningkatan kualitas pengurus Masjid, serta pembentukan kelompok kemasjidan.

Musda diikuti 30 peserta, dan dihadiri oleh Bupati Drs.H. Sutedja, Ketua DMI DIY Prof. Muhammad, dan Kepala Kankemenag Kulon Progo H. Ahmad Fauzi, S.H. Dalam Musda ini, H. Jumanto, S.H. kembali terpilih sebagai Ketua DMI Kulon Progo Lima tahun ke depan. (ros/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.