Nadhifa Sumbangkan Kejuaraan bagi MI Muhammadiyah Serangrejo

Kulon Progo (MUSERA) – Menulis bagi orang yang sudah dewasa, mungkin adalah hal yang sudah biasa dan mudah. Tapi bagi sebagian anak yang baru saja duduk di bangku sekolah dasar, menulis adalah aktivitas yang memerlukan banyak latihan dan bimbingan  serta membutuhkan kesabaran. Dalam  rangka memperingati bulan bahasa dan upaya melatih siswa dalam kegiatan menulis, Inspirasi SLI Kulon Progo menyelenggarakan lomba menulis tegak bersambung untuk siswa kelas I, II dan III pada (27/10/2020) dengan tema “Goresan Penaku Wujudkan Karyaku”. Lomba menulis tegak bersambung ini diikuti 10 sekolah yang tergabung dalam Sekolah Literasi Indonesia dengan masing-masing sekolah mengirimkan dua peserta.

MI Muhammadiyah Serangrejo yang beralamat di Serangrejo, Kulwaru, Wates, Kulon Progo turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dengan mewakilkan dua siswa-siswi terbaiknya, MI Muhammadiyah Serangrejo mampu mengukir prestasi. Salah satunya, Nadhifa Kusuma, siswa kelas III MI Muhammadiyah Serangrejo yang mampu memperoleh Juara III dalam lomba menulis tegak bersambung. Pengumuman pemenag dilaksanakan Jum’at (13/11/2020).

“Saya senang sekali mendapatkan kesempatan mengikuti lomba menulis tegak bersambung,” ungkap putri pasangan Daiman dan Merianti Volina ini setelah pengumuman kejuaraan.

Meskipun lomba dilaksanakan secara online dengan pengiriman karya berupa video proses penulisan yang berdurasi maksimal 5 menit, Nadhifa mengaku tetap bersemangat dan selalu berlatih sebelum pelaksanaan lomba. Proses pengambilan video penulisan dilaksanakan di sekolah dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Juri dalam perlombaan tegak bersambung ini adalah Fitri Merawati, S.Pd.,MA. dari Universitas Ahmad Dahlan, dan Restituta Devi Pramesti, S.Pd. yang merupakan guru di SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Ketua Penyelenggara, Rizco Ardian Saputro mengungkapkan bahwa menulis merupakan kegiatan yang penting dilakukan dan perlu dibiasakan. Karena dengan membiasakan menulis secara rapi. Hal ini akan memudahkan dalam belajar terlebih pada siswa kelas I, II, dan III.

“Kami menyelenggarakan lomba ini dalam rangka memeringati Bulan Bahasa. Banyak manfaat yang dapat diambil dari menulis huruf tegak bersambung, yaitu dapat melatih kesabaran, motorik halus, dan konsentrasi dalam memegang alat tulis serta menyusun huruf. Kami berharap lomba ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam kegiatan literasi,” ungkapnya. (ttm/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.