PAS Hari Pertama di MIN 2 Kulon Progo Lancar

Kulon Progo (MIN2KP) – Hari pertama Penilaian Akhir Semester (PAS) di MIN 2 Kulon Progo berjalan dengan tertib dan lancar meskipun peserta didik melaksanakannya di rumah. PAS dimulai Jum’at (27/11/2020) sampai Selasa (8/12/2020).

Kepala Madrasah, Etik Fadhilah Ihsanti menjelaskan bahwa pelaksanaan PAS menggunakan dana dari Anggaran BOS untuk pengadaan soal. Sedangkan siswa mengerjakan soal di rumah, karena belum memungkinkan untuk mengerjakan secara tatap muka, mengingat kondisi saat ini sedang pandemi, terlebih Kulon Progo dinyatakan sebagai zona merah. “Pelaksanaan  PAS serentak untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah dimulai Jum’at (27/11/2020) dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yakni Quran Hadits dan Akidah Akhlak,” katanya.

“Adapun teknis pengambilan soal yakni wali murid datang ke MIN 2 Kulon Progo untuk mengambil soal dua hari sekali. Setelah dua hari, soal dan jawaban dikembalikan lagi ke madrasah, begitu seterusnya sampai selesai. Waktu pengambilan tentu saja secara bergantian dengan jadwal yang sudah di atur oleh guru kelas supaya tidak terjadi kerumunan. Di samping itu wali harus memakai masker, pengukuran suhu tubuh dan cuci tangan pakai sabun,” imbuhnya.

”Di MIN 2 Kulon Progo peserta didik dari kelas satu sampai kelas enam menggunakan Kurikulum 2013, sehingga dalam penilaian juga memerhatikan beberapa hal yaitu Standar Penialain Pendidikan, Pembelajaran, Penilaian, dan Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam penilaian dilakukan berdasarkan prinsip shahih, Obyektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan. Sedangkan karakteristik penilaian menggunakan belajar tuntas, obyektif, dan berkesinambungan, tentu saja disesuaikan dengan kondisi saat ini,” pungkas Etik. (dan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.