Pengawas Madrasah Pendampingan PKKM di MTs Majang

Kulon Progo (MTs Majang) – Dalam rangka persiapan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), Pengawas Madrasah, Barokatussolihah, S.Ag., M.SI., melakukan monitoring dan pendampingan di MTs Ma’arif Jangkaran (MTs Majang), Selasa (3/11/2020) pagi. Kedatangan pengawas disambut langsung oleh Kepala Madrasah MTs Majang, Saifulloh, S.Ag.

“Semoga dengan adanya pendampingan ini bisa menambah semangat guru-guru dalam bekerja mendidik anak,” ujar Saifulloh.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam menjalankan tugasnya. Dalam penilaian ini, terdapat enam komponen yang perlu dievaluasi. Enam komponen tersebut yaitu kepribadian dan sosial; usaha pengembangan madrasah; pelaksanaan tugas manajerial; pengembangan kewirausahaan; supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan; serta hasil kinerja kepala madrasah. Untuk komponen hasil kinerja kepala madrasah dievaluasi setiap empat tahun sekali.
Sebelum adanya pendampingan, kepala madrasah sudah membentuk tim kerja untuk memudahkan dalam mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam PKKM. Kepala madrasah membentuk tim kerja sesuai dengan enam komponen yang akan dinilai. Dalam pendampingan ini, masing-masing tim dari setiap komponen menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi kepada pengawas untuk dicarikan solusi agar persiapan PKKM lebih matang dan lengkap lagi.

Di akhir pendampingan, Barokatussolihah memberikan masukan dan pengarahan. “Madrasah agar segera menindaklanjuti persiapan PKKM ini meskipun jadwal pelaksanaannya belum ada,” tegas Ika. (lin/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.