Peringati HGN, Guru MIM Grubug Ikuti Pelatihan Evaluasi Pembelajaran

Kulon Progo (MIM Grubug) – Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) diperingati dengan upacara secara virtual, dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan pelatihan Evaluasi Pembelajaran bagi guru. Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan galang madrasah yang diinisiasi oleh Lazis Unisia kerjasama dengan Elsap Yogyakarta. Semua guru MI Muhammadiyah Grubug yang PNS mengikuti kegiatan tersebut di madrasahnya, Rabu (25/11/2020) pagi.

Kegiatan pelatihan evaluasi pembelajaran hari ini secara virtual dengan pemateri Fathurrohman dari Elsap Yogyakarta. Dalam kaitannya dengan evaluasi pembelajaran, Fathurahman menjelaskan terkait penilaian kurikulum 2013.  “Penilaian dalam kurikulum 2013 lebih ditekankan pada penilaian autentik. Penilaian autentik adalah  penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai masukan, proses, dan hasil pembelajaran, yang menekankan pada aspek kognitif, afektif, maupun psikhomotorik,” jelasnya.

Pelatihan ini diikuti oleh empat madrasah peserta yaitu MI Muhammadiyah Grubug, MI Ma’arif Ngliseng, MI Ma’arif Payak, dan MI Yappi Mulo. Ada banyak pelatihan yang telah diberikan ke peserta mulai keterampilan pembuatan karya ilmiah, proses pembelajaran, kewirausahaan, sampai evaluasi hari ini.

“Untuk memperoleh hasil belajar yang baik bagi peserta didik perlu memerhatikan prinsip-prinsip penilaian. Ada beberapa prinsip penilaian kurikulum 2013 ini antara lain objektif, terpadu, ekonomis, transparan, akuntabel, dan edukatif. Selain itu, diperlukan bukti fisik agar lebih mudah di dalam mempertanggungjawabkan kegiatan kepada pihak-pihak yang terkait,” tambah Fathurahman.

Kepala MI Muhammadiyah Grubug, Juminta mendukung penuh kegiatan tersebut.”Saya berharap kegiatan pelatihan ini bisa menambah pengetahuan serta motivasi bagi guru di dalam melaksanakan tugas kesehariannya. Mudah-mudahan dengan peringatan Hari Guru Nasional ini terjadi peningkatan semangat berkarya dan berbakti ke madrasah,” harapnya. (jum/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.