Siswa MIN 2 Kulon Progo Terapkan Pembelajaran Keterampilan

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo di Ngestiharjo, Wates, dalam (PJJ) Pembelajarannya Jarak Jauh tidak hanya berpusat pada buku pelajaran, tetapi disisipi dengan kegiatan yang menumbuhkan kesadaran untuk membantu orangtua, seperti halnya yang di laksanakan oleh siswa kelas 1. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengirimkan foto kegiatan kepada guru kelasnya, Selasa (3/11/2020).

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti mengatakan bahwa selama pandemi pembelajaran lebih pada keterampilan. “Pembelajaran di saat pandemi seperti sekarang ini tidak harus ketercapaian kurikulum, tetapi lebih dititik beratkan pada pembelajaran ketrampilan. Maksudnya yaitu pembelajaran yang bersifat ketrampilan atau psikomotor. Kegiatan ini sangat berarti bagi siswa, karena melaksanakannya dengan praktik secara langsung di rumah,” terangnya.

Guru kelas 1, Siti Fatini  memberian kegiatan ini untuk melatih siswa supaya lebih kreatif dengan segala kemapuannya untuk mengerti tugas rumah. “Dengan kegiatan ini diharapkan siswa mengerti tugasnya di rumah, misalkan merapikan tempat tidur, menyapu, mencuci baju sendiri ataupun membantu ibu memasak di dapur. Banyak hal yang dapat dilakukan siswa selama pembelajaran dari rumah, supaya siswa tidak jenuh dengan pembelajaran tekstual dan monoton. Di antaranya dengan pemberian tugas yang berkaitan dengan keterampilan di rumah, yang tidak membebani siswa dan wali murid. Namun demikian diharapkan orangtua tetap mendampingi anaknya supaya lebih terarah,” ungkapnya.

“Pembelajaran ini disesuaikan dengan materi yang ada supaya ada kesesuaian, antara kurikulum dan kegiatan siswa, meskipun ada beberapa siswa yang mengalami kendala saat pengiriman foto kegiatan, yakni masalah jaringan yang tidak kuat, sehingga harus menunggu lama untuk bisa disampaikan kepada guru kelasnya, tetapi siswa lebih senang dengan adanya kegiatan seperti ini. Terbukti dengan wali murid yang antusias untuk mengirimkan tugasnya meskipun agak lama pengiriman foto siswa saat melaksanakankegiatan tersebut,” imbuh Siti.

Siti Fatini berharap siswa tetap bersemangat untuk terus belajar dan sedikit banyak bisa membantu tugas orangtua di rumah. (fat/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.