Tingkatkan Imun Tubuh Siswa, MIN 2 Kulon Progo Selenggarakan BIAS

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo bekerjasama dengan Puskesmas Kapanewon Wates menyelenggarakan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) untuk siswa, Kamis (26/11/2020). Kegiatan BIAS terselenggara berdasarkan Surat Edaran dari Puskesmas Kapanewon Wates nomor 445/436 (27/10/2020) tentang pelaksanaan imunisasi.

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti, S.Pd.I., M.Pd., menjelaskan bahwa kegiatan imunisasi adalah salah satu bentuk kerja sama antara pihak puskesmas dengan madrasah untuk meningkatkan imunitas siswa. “Semoga dengan adanya imunisasi ini siswa-siswi madrasah sehat semua dan dapat melanjutkan belajar dengan baik,” harapnya.

Petugas Puskesmas Kapanewon Wates terdiri dari tiga orang yaitu Nur Fatimah, Hanura Ayu Wedha, dan Ninawati Lestari. Nur Fatimah menyampaikan bahwa imunisasi diberikan kepada siswa kelas I, II, dan V.  “Siswa kelas 1 diberikan imunisasi DT (Diftery Tetanus), yang bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap difteri selama 10 tahun. Sedangkan siswa kelas II dan V diberikan imunisasi TD (Tetanus Diftery) yang bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tetanus selama 25 tahun,” terangnya.

Menurut keterangan guru Penjasorkes, Suprapta, S.Pd.Jas. bahwa BIAS dilaksanakan secara bergantian dengan tujuan untuk menghindari kerumunan. “Untuk menghindari kerumunan, teknis pelaksanaan BIAS dibuat jadwal. Kelas I pukul 08.30 – 09.00, kelas II pukul 09.00 – 09.30, dan kelas V pukul 09.00–09.30 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, cuci tangan menggunakan sabun, dan jaga jarak,” jelasnya. (mus/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovd-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.