Tingkatkan Motivasi Baca Al Qur’an Siswa MIN 2 Kulon Progo dengan Hafalan Surat An-Naba’

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo di Dukuh, Ngestiharjo, Wates menyelenggarakan lomba menghafal Surat An-Naba’ untuk siswa-siswanya. Lomba ini terselenggara sebagai bentuk kepedulian madrasah terhadap kemajuan membaca Al Qur’an para siswanya selama Belajar Dari Rumah (BDR). Guru Kelas enam MIN 2 Kulon Progo, Fitri Asmawati, S.Pd.I. menyampaikan hal itu di sela-sela kesibukannya di madrasah setempat, Jum’at (6/11/2020) pagi.

“Lomba ini sebagai bentuk kepedulian madrasah terhadap kemajuan bacaan Al-Qur’an siswa. Sebelum pandemi Covid-19 ini anak-anak terbiasa membaca dan menghafal surat-surat dalam juz’amma setiap pagi. Namun, sejak diberlakukannya pembelajaran secara daring, guru tidak bisa secara langsung mengecek bacaan dan hafalan siswa,” kata Fitri.

Sementara Guru Kelas empat, Dwi Ratna Fajar Rahayu, S.Pd. mengungkapkan bahwa lomba tersebut dilaksanakan Senin-Rabu (2-4/11/2020) yang lalu. “Lomba ini dilaksanakan pada waktu yang tepat. Bulan ini para siswa belum terbebani dengan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS). Jadi tidak akan mengganggu konsentrasi belajar siswa,” terang Ratna.

“Pelaksanaan lomba menghafal Surat An-Naba’ dilaksanakan secara daring dan disampaikan melalui WhatsApp Grup. Siswa diberi waktu tiga hari untuk latihan menghafalkan Surat An-Naba’ secara mandiri ataupun dengan bimbingan orang tua di rumah. Selanjutnya, mereka mengirimkan video menghafal Surat An-Naba’ melalui WhatsApp. Para siswa terlihat antusias dalam mengikuti lomba ini. Terbukti dengan hampir seluruh siswa mengirimkan video hafalannya,” imbuhnya.

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti, S.Pd.I., M.Pd. merasa bersyukur dan bangga terhadap siswa-siswinya yang sangat antusias mengikuti lomba ini dengan sungguh-sungguh. “Hal ini menunjukkan bahwa selama kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) anak tetap aktif berlatih membaca Al Qur’an. Selamat untuk siswa yang telah berhasil menghafal Surat An-Naba’ terbaik di kelasnya. Semoga kalian tetap bisa menjaga hafalannya. Tetap semangat dan terus belajar untuk membaca Al Qur’an selama belajar di rumah,” ujar Etik.

Siswa kelas empat yang berhasil menghafal Surat An-Naba’ terbaik adalah Desi Eka Nur’aini, diikuti oleh Achmad Khoirun Ni’am dan Bondan Putu Purwanto. Sedangkan siswa kelas enam yang berhasil menghafal Surat An-Naba’ terbaik adalah Ahmad Rizki Mu’arif, diikuti Billkand Safuan Gradelif, dan Nafiatu Zahro. (rat/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.