Tingkatkan Mutu Perpustakaan, MIN 1 Kulon Progo Gandeng Mahasiswa UIN SUKA Yogyakarta

Kulon Progo (MIN1KP) – Perpustakaan madrasah bertujuan mengembangkan dan meningkatkan minat baca, literasi informasi, bakat, dan kecerdasan. Sasarannya meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendukung tujuan pendidikan nasional melalui penyediaan sumber belajar. Bekerjasama dengan mahasiswa Jurusan Perpustakaan Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, MIN 1 Kulon Progo memaksimalkan fungsi perpustakaan untuk meningkatkan mutu pelayanan.

Kepala MIN 1 Kulon Progo, Widodo,S.Pd.I mengungkapkan bahwa keberadaan perpustakaan di madrasahnya sedikit banyak berpengaruh terhadap peningkatan literasi dan mutu madrasah. Oleh karena itu, dia meminta kepada pengelola perpustakaan dan guru untuk mendayagunakan bahan pustaka. Hal tersebut disampaikan oleh Widodo saat rapat koordinasi di madrasah setempat, Senin (2/11/2020).

“Pengelola perpustakaan dan guru harus mampu mendayagunakan segala sesuatu yang ada di perpustakaan untuk meningkatkan literasi dan mutu madrasah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Widodo juga mengatakan bahwa jika fungsi perpustakaan dimaksimalkan, maka akan meningkatkan mutu perpustakaan madrasah.

Sementara itu salah satu mahasiswa PPL UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Nadian Syarifudin Ramadhan menyatakan bahwa salah satu program PPL yang dilaksanakan di MIN 1 Kulon Progo yaitu pengembangan minat baca siswa, inventarisasi buku, dan preservasi bahan pustaka. Namun, karena masih masa pandemi, dan siswa tidak hadir di madrasah jadi yang lebih diutamakan adalah inventarisasi buku serta preservasi bahan pustaka. “Ada beberapa program yang akan kami laksanakan selama PPL di MIN 1 Kulon Progo ini, Insya Allah dalam waktu 2 bulan ke depan program-program itu bisa terlaksana semua,” tandasnya.

Selain itu  Nadian juga menyatakan harapannya agar dengan PPL di MIN 1 Kulon Progo ini ia dan teman-temannya bisa mengabdi dan mendapatkan ilmu yang berguna nantinya. “Semoga dengan PPL di sini kami bisa mengaplikasikan ilmu yang kami peroleh di kampus, dan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak,” pungkasnya. (cha/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.