Tingkatkan Nilai Spiritual, MIN 1 Kulon Progo Gelar Muqodaman

 

Kulon Progo (MIN1KP) – Muqodaman merupakan prosesi pembacaan Al Qur’an secara bersama-sama dalam satu waktu mulai dari juz 1 sampai juz 30. Dalam rangka menindaklanjuti surat dari Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY nomor B-3818.1/Kw.12.2/4/PP.00.11/11/2020 tanggal 20 November 2020 untuk menyambut Hari Guru Nasional Tahun 2020 Tingkat DIY, MIN 1 Kulon Progo melaksanakan muqodaman yang diikuti oleh semua guru dan karyawan, di Ruang Kelas 1 madrasah setempat, Senin (23/11/2020) pagi.

Kepala Madrasah, Widodo, S.Pd.I, mengatakan bahwa muqodaman ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut surat yang diterima dari Kanwil Kemenag DIY. Disamping itu muqodaman juga bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap Al Qur’an dan membiasakan warga madrasah membaca Al Qur’an setiap hari. “Sebenarnya setiap hari kita sudah melaksanakan taddarus untuk mengawali kegiatan harian. Namun muqodaman ini merupakan moment tepat untuk memanjatkan doa bersama dengan mengharapkan ridho dan berkah Allah dalam melaksanakan kegiatan di madrasah,” ujar Widodo.

Lebih lanjut Widodo mengungkapkan bahwa dengan muqodaman ini diharapkan dapat menambah nilai spiritual warga madrasah dengan selalu membaca dan mengamalkan Al Qur’an. “Semoga melalui bacaan Al Qur’an ini bisa semakin menentramkan hati dan menambah nilai spiritual semua warga madrasah,” imbuhnya.

Sementara Guru Agama MIN 1 Kulon Progo, Barokatus Sholihah,S.H.I. mengungkapkan bahwa banyak manfaat yang bisa diambil dari pelaksanaan muqodaman ini. “Muqodaman ini banyak memberikan manfaat. Dengan muqodaman diharapkan bisa semakin memotivasi semua warga madrasah untuk lebih memelajari arti dan makna, serta mengamalkan ajaran Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Setelah kegiatan muqodaman selesai dilanjutkan dengan makan bersama di antara warga madrasah dengan kembul ingkung. (cha/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.