Dua Guru MIMAKO Juara Lomba Mendongeng

Kulon Progo (MIMAKO) – Dongeng termasuk salah satu cara penyampaian pembelajaran yang diminati oleh anak-anak terutama kelas bawah. Dalam Rangka Hari Guru Nasional, KKG MI Kapanewon Kokap,Temon, dan Panjatan mengadakan lomba mendongeng untuk siswa. Lomba ini atas bimbingan Pengawas Madrasah, Drs. H.R. Imam Aladin Nur. Lomba digelar Rabu (25/11/2020).

Ketua Panitia, H. Asrorudin mengatakan bahwa lomba ini diperuntukkan bagi guru kelas bawah. “Tujuan dari lomba ini untuk meningkatkan kreativitas guru dalam menyampaikan materi pembelajaran terutama di kelas bawah. Karena dengan dongeng siswa lebih mudah menerima isi atau pesan yang ada dalam materi pembelajaran. Lomba ini diikuti oleh 20 peserta dari guru MI yang mengajar di kelas 1 dan 2. Adapun caranya dengan mengirimkan video kreatif dari guru yang mengikuti lomba dongeng kepada panitia,” ungkap Asrorudin.

“Semoga dengan adanya lomba mendongeng bisa menambah kreatifitas guru dalam menyampaikan materi pembelajaran,” imbuhnya.

Dalam lomba ini MIMAKO mengirimkan dua guru yaitu guru kelas 2, Fajar S.Pd.I, M.Pd., dan guru kelas 1, Titi Fibriyani, S.Pd.I. Proses seleksi langsung dilakukan oleh Tim Yuri yang dipimpin langsung Pengawas Madrasah, Barokatussolihah. Dari hasil penilaian kedua guru MI Ma’arif Kokap yang dikirim mendapatkan Juara Harapan I untuk Titi Fibriyani dan Juara Harapan II untuk Fajar. MI Ma’arif kokap satu-satunya MI yang mendapatkan kejuaraan sekaligus 2 orang guru.

Kejuaraan diumumkan Selasa (15/12/2020) bertempat di MIN 1 Kulon Progo. Pemberian tropi dan piagam diberikan langsung Kasi Dikmad Kankemenag Kulon Progo, Dra. Hj. Sulasmi, M.A. sekaligus memberikan ucapan selamat dan harapan agar para guru lebih kreatif. “Karena dongeng bisa diimplementasikan pada pembelajaran terutama pembentukan karakter pada siswa,” ujar Sulasmi.

Sementara itu salah satu peserta dari MIMAKO, Titi Fibriyani mengaku mendongeng dapat meningkatkan rasa percaya diri. “Dengan mengikuti lomba mendongeng banyak pengalaman yang didapatkan, salah satunya bisa menambah percaya diri dalam menyampaikan materi pembelajaran, lebih khusus lewat dongeng,” tuturnya. (bnt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 replies
  1. Asrorudin
    Asrorudin says:

    Alhamdulillah semoga semakin berprestasi, kerja keras, cerdas dan ikhlas, dan tetap semangat, laksanakan protokol kesehatan, sehat selalu.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.