Lima Siswa MIN 2 Kulon Progo Sukses Ikuti Simulasi AKM

 

Kulon Progo (MIN2KP) – Tahun pelajaran 2020/2021 pemerintah berencana mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Salah satu bagian dari Asesmen Nasional adalah Asesmen Kompetensi Minimal (AKM).

MIN 2 Kulon Progo ditunjuk sebagai salah satu madrasah pelaksana simulasi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM). Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (8/12/2020) ini diikuti oleh lima siswa kelas IV MIN 2 Kulon Progo. Kelima siswa tersebut adalah Achmad Khoirun Ni’am, Ahmad Dhuhri Nuruddin, Bondan Putu Purwanto, Daffa Dhariel Firmansyah dan Kiki Saputra.

Proktor AKM MIN 2 Kulon Progo, Sudarman, S.Pd.I. menyampaikan bahwa kegiatan simulasi ini merupakan persiapan awal pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus tahun depan. “Siswa yang akan melaksanakan AKM adalah siswa kelas V. Oleh Karena itu, siswa yang mengikuti kegiatan simulasi ini adalah siswa kelas IV,” katanya.

“Materi dalam AKM terkait dengan literasi (baca-tulis) dan numerasi. Literasi yang dimaksud bukan hanya kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep dibalik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi adalah kemampuan untuk menganalisis menggunakan angka,” paparnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan simulasi ini, siswa belajar untuk login menggunakan akun masing-masing, mengisi data peserta yang dibutuhkan, mengerjakan soal, dan mengirim jawaban setelah selesai mengerjakan soal. Mereka terlihat antusias mengikuti kegiatan simulasi ini dari awal sampai akhir.

Bagi Ni’am, Dhuhri, Bondan, Dhariel, dan Kiki, kegiatan ini merupakan pengalaman yang sangat berharga. Biasanya mereka mengerjakan soal daring dari guru hanya menggunakan handphone, namun kali ini harus belajar menggunakan laptop.

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti, S.Pd.I., M.Pd., mengucapkan terima kasih kepada semua peserta simulasi beserta guru dan karyawan yang telah membantu suksesnya pelaksanaan simulasi AKM. “Semoga dengan adanya simulasi ini, para siswa dapat belajar untuk mengenal bentuk-bentuk soal AKM serta belajar untuk mengoperasikan laptop,” ucapnya. (rat/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.