MAN 2 Kulon Progo Terakreditasi A

Kulon Progo (MAN2KP) – Pendidikan merupakan kunci keberhasilan suatu bangsa, sehingga pendidikan melalui jalur formal perlu ditingkatkan. Pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah lima tahunan merupakan cara untuk mengawasi upaya meningkatkan mutu. Penyelenggaraan pendidikan formal harus dikelola secara profesional oleh orang-orang yang profesional pula agar tercapai mutu pendidikan yang tinggi. Tak terkecuali MAN 2 Kulon Progo. Madrasah tersebut telah ditunjuk sebagai madrasah piloting akreditasi dengan visitasi secara daring. Akreditasi telah dilaksanakan Kamis-Jum’at (26–27/11/2020) yang lalu.

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor 1334/BAN-SM/SK/2020 tentang penetapan hasil dan rekomendasi sekolah/madrasah 2020 bahwa MAN 2 Kulon Progo mendapatkan nilai A (Sangat Baik) yang ditetapkan Selasa (15/12/2020) di Jakarta.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Khoiriyatun S.Pd.,M.Sc. mengucapkan syukur atas capaian madrasahnya. ”Alhamdulillah MAN 2 Kulon Progo tetap mempertahankan predikat A dengan nilai 95. Kesuksesan ini atas usaha keras Bapak/Ibu Guru dan pegawai semua. Terimakasih atas dedikasinya untuk memajukan madrasah,” tutur Khoir disela-sela kesibukannya.

“Karena masa pandemi Covid-19, akreditasi tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kita harus menyiapkan bukti-bukti atau dokumen kelengkapan akreditasi. Kemudian semua dokumen di unggah ke DIA (Data Isian Akreditasi) pada aplikasi Sispena. Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 terdapat empat komponen yang harus dipersiapkan dokumennya. Meliputi komponen mutu lulusan, komponen proses belajar, komponen mutu guru, dan komponen manajemen sekolah/madrasah. Selanjutnya visitasi administrasi dilaksanakan secara daring via zoom meeting oleh acecor sesuai jadwal yang ditentukan oleh BAN-S/M. Berkat kerjasama Bapak/Ibu guru dan pegawai yang sangat solid, hasilnya bisa kita lihat. Semoga dengan keluarnya nilai akreditasi ini dapat memicu dan memacu kita agar lebih profesional guna meningkatan mutu madrasah, ” imbuh Khoir. (est/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

8 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.