MIN 3 Kulon Progo Selenggarakan Simulasi AKM

Kulon Progo (MIN3KP) – Untuk menyiapkan siswa-siswi yang akan mengikuti Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), MIN 3 Kulon Progo menyelenggarakan simulasi AKM pada Selasa (8/12/2020). Simulasi ini dimulai pukul 09.00 wib – 11.00 wib yang mencakup asesmen tentang literasi dan numerasi . Simulasi ini dimaksudkan untuk melatih siswa-siswi dalam mengoperasikan laptop/computer, karena AKM yang rencanakan akan dilaksanakan pada Bulan Agustus tahun depan dilakukan secara on-line.

Adapun siswa-siswi yang mengikuti AKM tahap pertama baru berjumlah 5 orang yang semuanya masih pada jenjang kelas 4, yaitu : Alip khoirul Syaban,  Regina Siwy Angraeni, Afrina Hanun Amalina, Alma Khoirul Faza, dan Zulfa Rihadatul Aisya. Untuk siswa lainnya akan diikutkan tahap kedua, karena terkendala jumlah komputer.

Dengan pendampingan dari guru semua siswa mengikuti dengan senang hati seperti yang di ungapkan Alip Khoirul Syaban yang baru pertama kali mengetik di Laptop. “Pak guru panahnya loncat-loncat, mousenya susah dikendalikan,” katanya.

Sempat terjadi kendala dengan matinya wifi madrasah, dan akhirnya dapat diatasi dengan tethering melalui HP milik guru. Karena kendala ini, yang rencananya simulasi AKM akan dilaksanakan di ruang guru akhirnya pindah di ruang perpustakaan.

Simulasi ini berjalan lancar, walupun harus menggunakan tetringan HP dari guru karena wifi MIN 3 Kulon Progo bermasalah. Proktor MIN 3 Kulon Progo, Sudarjono didampingi oleh para guru yang lain bersyukur karena simulasi berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah pelaksanaan simulasi AKM MIN 3 Kulon Progo berjalan lancar berkat kerjasama dengan semua guru. Semoga simulasi ini dapat membekali siswa-siswa kelas 4 menghadapi AKM tahun depan,” ujarnya.

Kepala MIN 3 Kulon Progo, Agus Marchaban menyampaikan bahwa simulasi AKM ini untuk mengenalkan dan melatih siswa dalam mengoperasikan komputer, supaya saat pelaksanaan AKM siswa sudah bisa mengoperasikannya. Terlebih lagi selama ini siswa-siswi MIN 3 Kulon Progo belum pernah mengoperasikan komputer/laptop. “Simulasi AKM ini bertujuan untuk mengenalkan dan melatih siswa dalam mengoperasikan komputer supaya saat pelaksanaan AKM siswa sudah bisa mengoperasikannya. Apalagi selama ini siswa-siswi belum pernah mengoperasikan komputer/laptop,” ungkapnya.

“Terima kasih kepada semua guru yang telah mendampingi siswa-siswi, juga atas kerelaannya memberikan paket data untuk kelancaran simulasi ini,” pungkasnya. (myt/abi).

Tetap sehat dan semangat

 #LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.