MTsN 4 Kulon Progo Selesaikan PKKM

Kulon Progo (MTsN4KP) – Memasuki masa liburan antar semester, MTsN 4 Kulon Progo justru tengah menghadapi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahunan (PKKM). Dilaksanakan Senin (21/12/2020) di Ruang Pertemuan Unit 1, PKKM berjalan lancar. Tim assessor yang hadir di madrasah yakni Pengawas Madrasah Kalimah, S.Ag. M.A. serta Barokatussolihah, S.Ag. M.SI.

Kepala Madrasah, Drs. Sukarlan menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus terima kasih kepada keduanya. Hal tersebut disampaikan dalam acara pembukaan yang juga dihadiri oleh guru serta pegawai TU MTsN 4 Kulon Progo. ”Terima kasih atas kerja bapak/ibu guru selama ini. Terima kasih karena telah menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Semoga berkah,” ungkap Sukarlan.

Setelah menyampaikan sambutan, ia kemudian menyampaikan pula visi misi serta program-program madrasah selama setahun kepemimpinannya. Meskipun harus terhalang adanya pandemi, akan tetapi kepala madrasah bersama semua stakeholder berusaha sekuat tenaga untuk menjalankan program-program kerja. Ia pun mengapresiasi kesuksesan tim dalam penyerapan anggaran yang mencapai 95 % lebih.

Sementara itu, Barokatussolihah mengawali penilaian dengan menyampaikan tujuan dari PKKM tersebut sebagai salah satu cara agar madrasah dapat Menyusun Evaluasi Diri Madrasah (EDM) sehingga akan terwujud madrasah yang unggul dan bermutu. “Kami sekadar menjalankan amanah regulasi, yang tentunya juga untuk kepentingan madrasah. Melalui PKKM tahunan ini, kami berharap madrasah lebih siap saat menghadapi akreditasi,” papar Ika.

Di akhir penilaian, Kalimah menyampaikan beberapa tanggapan terkait hasil audit. “Kami apresiasi untuk kepala madrasah dan bapak/ibu guru, karena PKKM telah terselesaikan dengan baik,” ucapnya.

Beberapa catatan yang ia sampaikan diantaranya menyoroti program literasi madrasah yang perlu ditingkatkan lagi. “Perpustakaan sudah mulai berbenah dengan menggunakan aplikasi katalog digital, tinggal diteruskan,” jelasnya.

Ia pun berharap bahwa program literasi bagi siswa harus digarap lebih serius agar memenuhi tujuh standar literasi. Di lain sisi, pengawas mengapresiasi kinerja Humas dalam membina MoU dengan sebelas instansi terkait pembelajaran di madrasah. “Ini bagus sekali, dan administrasinya juga lengkap,” puji Kalimah.

Sementara itu, Barokatussolihah menyoroti beberapa program unggulan di madrasah yang dinilai bagus dan perlu dikembangkan. “Di sini kegiatan yang menunjukkan entrepreneur sudah bagus, mulai dari pembuatan sabun cuci piring dan pemasarannya,” tutur Ika.

Ia berharap bahwa enterpreunernya bisa lebih digiatkan, apalagi dalam bidang pertanian dan peternakan. Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) yang telah dirintis, diharapkan dikembangkan dalam skala lebih besar, demikian juga penanaman sayur atau komoditas lain dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada.

Keduanya berharap, bahwa MTsN 4 Kulon Progo akan segera menyusul EDM yang rekomendasinya dituangkan dalam RKAM. Sehingga ke depan, madrasah dapat membaca lebih detail keperluan-keperluan atau program apa yang harus diprioritaslkan terkait dengan pendanaan madrasah. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.