Bangkitkan Ghirah Kerukunan, MIN 1 Kulon Progo Gelar Upacara HAB

Kulon Progo (MIN1KP) – Dalam rangka memeringati Hari Amal Bakti ke-75 Kementerian Agama Republik Indonesia, MIN 1 Kulon Progo menggelar upacara bendera. Meski puncak acara peringatan HAB Kemenag RI diperingati pada Ahad (3/1/2021), namun untuk upacara bendera digelar di halaman madrasah setempat, Selasa, (5/1/2021) pagi.

Pelaksanaan upacara bendera dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Nomor 69 Tahun 2020 Tentang Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama RI Tahun 2021 yang menyebutkan bahwa peringatan upacara dilaksanakan secara serentak mulai pukul 07.30 di satuan kerja Kementerian Agama pusat maupun daerah dengan peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Upacara diikuti oleh seluruh guru dan karyawan MIN 1 Kulon Progo sebanyak 25 orang.

Kepala MIN 1 Kulon Progo, Widodo,S.Pd.I. bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam sambutan Menteri Agama Republik Indonesia disebutkan bahwa Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema Indonesia Rukun. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju. Tanpa kerukunan akan sulit untuk mencapai cita-cita besar bangsa.

Kepala Madrasah Widodo,S.Pd.I, mengungkapkan bahwa peringatan HAB Kemenag RI tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan saat ini masih dalam masa pandemi. “Peringatan HAB Kemenag RI tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kalau biasanya dilaksanakan secara bersama dalam satu kabupaten, tahun ini tidak  karena masih dalam masa pandemi” ungkapnya.

Lebih lanjut Widodo juga menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara dilakukan dengan pembatasan peserta dengan menjaga jarak untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

Sementara itu Puji Astuti,S.Ag salah satu guru MIN 1 Kulon Progo mengungkapkan bahwa upacara bendera dalam rangka memeringati HAB ke-75 Kemenag RI berjalan lancar dan khidmat. “Alhamdulillah, pelaksanaan upacara bendera berjalan lancar dan khidmat dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan,” ujarnya. (cha/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.