MIM Kenteng dan MI Al Falah Muh Kaliwiru Kolaborasi Upacara HAB ke-75 Kemenag

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Hari Amal Bakti ke-75 Kemenag tahun ini mengangkat tema Indonesia Rukun. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju. Menjunjung tinggi nilai–nilai Pancasila sebagai ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keindonesiaan yang beragama.

Sesuai dengan surat edaran dari Kankemenag Kabupaten Kulon Progo tentang anjuran pelaksanaan upacara oleh madrasah masing-masing, maka MI Muhammadiyah Kenteng dan MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru laksanakan kolaborasi upacara dalam rangka HAB ke-75 Kemenag. Upacara digelar di halaman MI Muhammadiyah Kenteng, Selasa (5/1/2021). Adapun peserta kurang lebih 25 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah, guru, dan tenaga kependidikan di masing-masing madrasah.

Upacara tetap dilaksanakan dengan memerhatikan protokol kesehatan pandemi Covid-19 yaitu dengan cek suhu, cuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak. Petugas upacara terdiri dari guru MIM Kenteng dan MI Al Falaah Kaliwiru yang sudah ditunjuk sebelumnya. Inspektur Upacara Kepala MI Muhamamdiyah Kenteng, Rujito,S.Pd.I, M.Pd.

Inspektur upacara membacakan sambutan  Menteri Agama RI, Yaqut Choli Qoumas, bahwa  terdapat tiga kata kunci dalam memeringati HAB ke-75 Kemenag tahun ini. “Pertama yaitu manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Kedua yaitu  penguatan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, serta nilai-nilai kebangsaan. Ketiga yaitu memelihara persaudaraan umat beragama sebangsa dan setanah air,” ungkap Menag.

Kepala MIM Kenteng, Rujito, S.Pd.I, M.Pd. menjelaskan bahwa upacara memeringati HAB ke-75 tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “Pelaksanaan tidak berada di satu titik  bersama seluruh madrasah se-Kulon Progo. Karena situasi dan kondisi pandemi Covid-19 akhirnya upacara dilaksanakan di madrasah masing-masing. Kami menggandeng MI Al-Falah Muhammadiyah Kaliwiru untuk ikut serta melaksanakan upacara, dikarenakan masih berada dalam satu wilayah di Sentolo Kulon Progo,” ujarnya.

Seusai upacara  dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan ramah tamah di aula MI Muhamamdiyah Kenteng. Sebagai sesama keluarga madrasah di wilayah Sentolo ini perlu adanya saling sharing terkait dengan perkenalan guru dan tenaga kependidikan serta perkembangan madrasah masing-masing,” tambah Rujito.

Sementara itu Kepala MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru, Yeni Muharomah, S.Pd.I., M.Si. menyambut baik kegiatan hari ini. “Alhamdulillah Terimakasih banyak bisa berkolaborasi bersama melaksanakan kegiatan upacara. Walaupun srikandi semua, guru dan tenaga kependidikan namun tetap tidak menurunkan semangat kami dalam mengelola dan membangun madrasah. Semoga bisa mengikuti jejak perkembangan dari MI Muhamamdiyah Kenteng,” tuturnya. (ras/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.