MIMASE Revitalisasi Perpustakaan Al Mumtaz

Kulon Progo (MIMASE) – Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Menurut UU no 43 tahun 2007 Perpustakaan adalah Institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, atau karya rekam secara profesional dengan sistem baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para siswa sebagai penggunaan perpustakaan.

Penyelenggaraan perpustakaan di madrasah bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan buku, tetapi diharapkan dapat membantu siswa dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam pembelajaran, dan referensi untuk menggali skill. Kepala Madrasah, Kasmad Rifangi, M.Pd.I mengatakan bahwa madrasah membenahi perpustakaan untuk menghadapi semester genap. “Untuk menghadapi pembelajaran di semester genap, MI Ma’arif Sendang membenahi penataan perpustakaan, dan rencana  setiap hari perpustakaan akan buka siap melayani tetapi tetap dalam patuh terhadap protokol kesehatan,” ucap Kasmad di sela-sela kegiatan di madrasahnya, Senin (4/1/2021) pagi.

Kegiatan revitasisasi perpustakaan dilaksanakan mulai Sabtu (02/01/2021) sampai selesainya kegiatan tersebut diprediksi sampai satu minggu. Kegiatan diikuti oleh semua guru MI Ma’arif Sendang dan dipimpin langsung Kepala Madrasah. “Diharapkan dengan penataan ulang yang lebih rapi dan menarik, nantinya siswa akan lebih senang berkunjung, serta lebih nyaman dalam membaca buku di Ruang Perpustakaan. Semua pengunjung perpustakaan difasilitasi Wifi gratis. Ini sebagai persiapan, semoga Covid-19 segara musnah dan siswa segera bisa melaksanakan pembelajaran secara tatap muka jika sudah dalam kondisi normal,” imbuhnya .

Kasmad menambahkan bahwa buku-buku yang ada di perpustakaan Al Mumtaz dikelompokkan berdasarkan jenis buku. “Untuk buku teks pelajaran ditata untuk tiap kelas, supaya mudah untuk mencarinya. Dan untuk buku pendamping literasi seperti buku cerita, buku-buku sejarah juga ditata dengan rak yang berbeda,” tegas Kasmad.

Perpustakaan Al Imdad diharapkan dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri, yang akhirnya siswa dapat belajar dengan mandiri. Juga dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca dan membantu perkembangan kecakapan berbahasa, serta akhirnya bisa terlatih untuk bertanggungjawab,” pungkasnya. (jmy/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.