Peringati HAB Kemenag, MTsN 2 Kulon Progo Gelar Upacara dan Santunan

Kulon Progo (MTsN2KP) – Pelaksanaan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama Republik Indonesia di MTsN 2 Kulon Progo (Matsadaku) dilaksanakan dengan Upacara yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan berlangsung di halaman madrasah setempat, Selasa (5/1/2021) pagi.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qumas melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala MTsN 2 Kulon Progo, Muhamad Dwi Putranto mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama. “Dalam kesempatan ini, saya ingin mengingatkan tentang semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci,” ungkap Gus Yakut.

“Pertama, managemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan,” terangnya.

“Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan,” lanjut Menag.

“Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se tanah air, serta mengembangkan persaudaraan kemanusiaan,” imbuh  Yaqut.

“Dirgahayu 75 tahun Kementerian Agama. Semoga Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita dan kemanusiaan, segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah SWT. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara. Dan mari kita senantiasa berdoa semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa melimpahkan rahmat, taufiq, dan ampunan-Nya kepada kita semua. Aamiin,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 11 Aparatur Sipil Negara (ASN) MTsN 2 Kulon Progo baik dari Guru maupun Tata Usaha untuk masa pengabdian 30, 20 dan 10 tahun. Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Pengabdian 30 Tahun di berikan kepada H. Syamsudin, A.Md. dan Syubah Isnaini (staf tata usaha), Pengabdian 20 tahun diberikan kepada Drs. Khoiron, MA, Giyatna, S.Pd., Sri Suwartini, S.Pd. (Guru), Syamsidariyah, A.Md, Ngadiyatini (staf tata usaha), dan pengabdian 10 tahun diberikan kepada Ikaningsih, A.Md., Sugihardi, S.E., Suharyati dan Karjiyo (staf tata usaha).

Selain penghargaan kepada ASN dari pemerintah, MTsN 2 Kulon Progo  juga memberikan santuan kepada 17 siswa dhuafa. Hadir 5 siswa ikut upacara peringatan mewakili siswa penerima santunan. (ags/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.