Peringati HAB Kemenag, MTsN 5 Kulon Progo Gelar Penganugerahan GTK

Kulon Progo (MTsN5KP) – Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag diperingati setiap tanggal 3 Januari, dan tahun 2021 ini Kemenag sudah menginjak umurnya yang ke-75, di mana HAB tahun ini mengusung tema Indonesia Rukun. Dalam rangka memeringati HAB Kemenag tersebut, pada Selasa (5/1/2021) pagi, MTsN 5 Kulon Progo menggelar upacara peringatan sekaligus penyerahan penghargaan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) terpilih.

Upacara yang bertempat di halaman madrasah ini diikuti oleh segenap guru dan tenaga kependidikan. Pelaksanaan upacara dilakukan secara sederhana dan menerapkan aturan protokol kesehatan dengan memberi jarak untuk setiap peserta maupun petugas upacara.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam kesempatan kali ini adalah Kepala Madrasah, Asnah Al Amien, S.Ag. M.S.I. Dalam amanatnya, Asnah membacakan sambutan dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Salah satu poin yang disampaikan oleh Menteri Yaqut adalah bagaimana seluruh pegawai Kemenag dapat memaknai segala prestasi yang telah dicapai sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi untuk menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Di akhir rangkaian upacara, diadakan penyerahan piagam sebagai penghargaan kepada GTK terpilih yang terbagi menjadi beberapa kategori. Kategori tersebut diantaranya, guru favorit, guru paling rajin, pegawai paling rajin, guru paling rajin menulis, dan guru paling lama mengabdi di MTsN 5 Kulon Progo. Piagam diserahkan langsung oleh Kamad Asnah kepada seluruh GTK terpilih. Asnah berharap penghargaan ini dapat memicu kinerja seluruh GTK untuk senantiasa bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya.

“Dengan adanya penghargaan ini, saya harap akan lebih memotivasi dan memicu semangat para GTK untuk lebih giat dalam bekerja dan berinovasi mengembangkan madrasah tercinta kita ini. Ini juga sejalan dengan pesan dari Menteri Agama yang baru saja saya bacakan,” pesan Asnah.

“Bagi yang belum terpilih janganlah berkecil hati. Karena belum terpilih bukan berarti lebih jelek. Justru ini harus dijadikan sebagai cambuk untuk lebih giat dalam bekerja dan berkreasi. Apalah artinya penghargaan jika tanpa diimbangi dengan keinginan untuk menjadi lebih baik lagi. Yang mau untuk bekerja lebih giat dan terus berinovasi, itulah juara yang sesungguhnya,” imbuh Asnah.

Usai upacara langsung diadakan rapat dinas yang bertempat di masjid madrasah, yakni Masjid Jabal Thoriq. Rapat dinas pada kesempatan ini di antaranya membahas sistem pembelajaran yang akan dilaksanakan di Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Sedikit disinggung juga sistematika pembelajaran tatap muka jika nantinya dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Akan tetapi untuk Bulan Januari ini, MTsN 5 Kulon Progo masih menerapkan pembelajaran model daring seperti Semester Ganjil lalu, di mana siswa belajar mandiri di rumah masing-masing. (mic/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.