Peringati HAB Kemeneg RI, MAN 2 Kulon Progo Belajar Semangat Baru dan Kokohkan Persaudaraan

Kulon Progo (MAN2KP) – MAN 2 Kulon Progo, salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama RI menggelar upacara bendera untuk memeringati Hari Amal Bakti (HAB) ke-75. Memeringati HAB, tidak hanya seremoni semata, tapi harus ada semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama dan menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Tata Usaha MAN 2 Kulon Progo, Muhammad Latief Fakhruddin, S.Ag saat membacakan Sambutan dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam upacara tersebut yang berlangsung di halaman kampus MAN 2 Kulon Progo unit 2, Selasa (5/1/2021) pagi.

“Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia. Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keindonesiaan sebagai bangsa yang beragama. Kemudian, Semangat baru yang harus ada dalam mengelola Kementerian Agama itu tercermin dalam tiga kunci perubahan,” ungkapnya.

“Pertama, managemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan,” terang Yaqut.

“Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan,” imbuhnya.

“Sedang yang ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se tanah air, serta mengembangkan persaudaraan kemanusiaan,” pungkas Yaqut dalam sambutannya. (pan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.