Kulon Progo (MTsN6KP) – Menulis dan bisa terbit menjadi buku awalnya sesuatu yang mustahil, seakan tak mungkin bisa terwujud. Namun setelah beberapa guru dan siswa MTsN 6 Kulon Progo masuk menjadi anggota Komunitas Yuk Menulis dan mengikuti berbagai even kolaborasi dengan beberapan tokoh nasional, menulis menjadi buku nyatanya bisa terwujud. Setelah mengikuti beberapa even kolaborasi, makin getol menulis dan ingin terus menulis.

Hal tersebut benar-benar dirasakan oleh 6 orang siswa yang terdiri : Falah Habib Nurrohman, Sofia Nur Afifah, Yulia Fitri, Dita Nur Astuti, Rafif Nabil Muhammad, dan 9 guru yang terdiri: Ani Romadhoni, Sri Pujiastuti, Sulastri, Ismi Rahayu, Ika Septiana, Sri Purwaningsih, Tuti Wahyuni, Nursinah, dan Sutanto. Mereka termasuk di antara penulis terpilih yang ada dalam buku Secangkir Kopi, kolaborasi dengan Okky Madasari dalam hamparan kutipan penuh makna terbitan CV. Kekata Group Surakarta.

Sebagai luapan kegembiraan mereka mengabadikan momen bahagia tersebut dengan foto bersama Kepala Madrasah Zaiunuri, S.Pd, beserta buku yang telah ditulis di madrasah setempat , Rabu (10/2/2021).

Salah satu penulis yang juga Ketua Osis, Rafif mengaku gembira bahwa dirinya bisa ikut membuat buku qoute.
“Awalnya iseng-iseng saja sambil mengerjakan PJJ ikut membuat qoute. Dan alhamdulillah bisa jadi buku. Rasanya sesuatu banget gitu,” ungkapnya bahagia.

Guru Bahasa Indonesia yang juga ikut menjadi anggota KYM, Sri Pujiastuti sengaja mengajak beberapa siswanya untuk menulis di even yang cakupannya nasional untuk memberi pembelajaran langsung menulis tak sekedar teori.
“Dengan ikut even seperti ini para siswa akan merasakan sensasi luar biasa, bisa sebuku dengan tokoh publik dan penulis terpilih se Indonesia,” tandas Puji.

Kepala Madrasah, Zainuri benar-benar bangga, karena siswa dan guru di madrasahnya secara nyata mendukukung Gerakan Literasi Nasional.
“Apalagi madrasah akan menghadapi akreditasi perputakaan, tentunya karya siswa dan guru ini dapat menambah deretan buku yang ada sehingga makin variatif,” tegasnya.(tan/abi).

Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

3 replies
  1. Dra, SULASTRI, M.Pd.
    Dra, SULASTRI, M.Pd. says:

    MTs N 6 KP, DIY.memang hebattt, sll mengedepankan jiwa leadhership kpd siswa siswinya, shg terjalin ukhuwah Islamiyah, penuh dg keharmonisan dan rasa kebersamaan antara guru dan siswa. Maakkkssss dan lanjutkan,

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.